Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

Pekanbaru-- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau Jonli menjelaskan sejumlah program kerja yang berhasil diselesaikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau selama 2020 ini. Salah satu program prioritas yakni proses pengalihan aset dari  Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Riau menjadi BLK Pemerintah Pusat di bawah Kementrian Tenaga Kerja. 

" Alih kelola BLK Provinsi Riau menjadi pengelolaan pemerintah pusat merupakan keinginan Gubernur Riau. BLK Pekanbaru dan Dumai yang sebelumnya di kelola oleh Pemerintah Provinsi Riau sudah 100 persen menjadi kelolaan Pemerintah Pusat di bawah Kementrian Tenaga Kerja di Januari 2021. Dengan penyerahan aset ini akan semakin banyak dana APBN yang akan dikucurkan untuk Provinsi Riau untuk program -program pelatihan dan ketrampilan tenaga kerja sesuai kebutuhan industri strategis di Provinsi Riau,"ungkap Kadisnakertrans Riau, Jumat (18/12/2020). 

Lebih lanjut Jonli menerangkan dengan di kelola oleh Pemerintah Pusat akan semakin baik sarana prasarana di BLK tersebut. 

" Dari sisi angaran banyak nantinya anggaran APBN, kedua Instruktur yang lebih kompeten. ketiga sarana dan prasarana penunjang pelatihan lebih canggih dan langsung mendapatkan sertifikasi dari BNSP bagi yang selesai pelatihan," terang Jonli. 

Untuk Provinsi Riau sendiri Industri strategis di Provinsi Riau banyak membutuhkan teknik pengelasan dengan peralatan canggih termasuk operator alat berat dan besar. dan di bidang Informatika Teknologi memiliki permintaan yang cukup tinggi. 

" Sesuai UU no 23 tahun 2014 tentang pelatihan tenaga kerja yang sifatnya strategis hal tersebut menjadi kewenangan instansi pusat, namun Pemrov Riau menjadi pengawas pelaksanaan Program yang dilaksanakan nantinya,"lanjut Kadisnakertrans Riau. 

Nantinya BLK Pekanbaru akan dijadikan BLK pembina kepada BLK di kabupaten kota di Provinsi Riau. 

"Selama ini BLK Riau dan kabupaten kota menginduk ke BLK padang, di tahun 2021 BLK Pekanbaru menjadi BLK pembina bagi BLK di Provinsi Riau dan tidak menginduk lagi ke BLK Padang,'' Tutupnya. 


MCR/HMH.

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Gubernur Riau : Pelayanan COVID-19 di Puskesmas Gratis

Senin, 02 Agustus 2021 | 15:39:59 WIB

Beruang Madu Yang Terjerat Dikembalikan ke Habitat

Senin, 02 Agustus 2021 | 15:30:50 WIB

Polres Dumai Tangkap 4 Pelaku Ilegal Logging

Jumat, 23 Juli 2021 | 19:37:55 WIB

PSPS Riau Luncurkan Bus Baru

Rabu, 14 Juli 2021 | 20:23:07 WIB