Jumat, 21 Zulhijjah 1442 H | 30 Juli 2021
Wagubri Apresiasi Tim TP2GD dalam Menemukan Informasi Para Tokoh dan Pejuang Daerah

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution memberikan apresiasi atas kinerja Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Riau atas jerih payah dan kerja keras dalam upaya menggali informasi dari berbagai sumber sehingga para tokoh dan pejuang dianggap layak untuk diberikan penghargaan.

Hal itu diungkapkan Wagubri usai memberikan penghargaan kepada 12 Tokoh dan Pejuang Daerah Provinsi Riau tahun 2020 di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (23/12/2020). 

TP2GD telah melewati proses sesuai aturan  yang telah ditentunkan untuk memilih para tokoh dan pejuang yang layak mendapatkan penghargaan. Yaitu sesuai Undang-Undang nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan. Selain itu juga sesuai Peraturan Menteri Sosial nomor 15 Tahun 2012 tentang pengusulan gelar Pahlawan Nasional, serta Peraturan Daerah Provinsi Riau nomor 5 tahun 2011 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan. 

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan gelar perjuangan, para tokoh dan pejuang juga harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan sesuai Pasal 7 Perda Provinsi Riau nomor 5 tahun 2011.

Pertama, tokoh dan pejuang pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa di daerah Provinsi Riau. 

Kedua, tokoh dan pejuang tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan. Ketiga, melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya. 

Keempat, pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan di daerah Provinsi Riau. Kelima, pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat di daerah Provinsi Riau.

Keenam, memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi dan/atau melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional. 

"Saya yakin dan percaya masih banyak para tokoh dan pejuang lainnya di daerah ini yang juga pantas untuk mendapatkan penghargaan yang sama di masa yang akan datang," Wagubri menuturkan. 

Bahkan bukan tidak mungkin beberapa diantaranya memenuhi syarat untuk diusulkan supaya mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak agar penghargaan tersebut, kata Wagubri, dapat diberikan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait