Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Kaleidoskop Polda Riau Tahun 2020, dari Mapolda, SPN, Hingga Perekrutan 19 Hafiz Al-Qur'an

PEKANBARU--Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi bersama jajaran melakukan konfrensi pers tahunan di Mapolda baru, Rabu (30/12/2020).

Kapolda menjelaskan, ada tiga hal penting yang telah dicapai selama satu tahun ini, yakni di bidang Pembinaan, bidang Operasional dan bidang Kerjasama.  

Untuk bidang pembinaan, dari jumlah 10.689 personel. Polda Riau memberikan reward bagi personil yang berprestasi, untuk meningkatkan motivasi kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

''Untuk memacu dan meningkat kinerja, Polda Riau telah memberikan reward kepada 310 pers yang berprestasi dalam hal pengungkapan narkoba, curat, lundup dan polisi teladan,'' terang Kapolda.

Kemudian, untuk meningkatkan profesionalisme kerja personel, Polda Riau melaksanakan pembinaan karir melalui assesment center sebanyak 85 Personel. 

''Assesment center yang dimiliki Polda Riau juga telah digunakan oleh pemerintah daerah Inhil dan Rohil yang diikuti 83 orang dalam assesment jabatan di lingkungan pemerintahan,'' kata Kapolda.

Kemudian, untuk menjamin kesejahteraan personil Polri yang akan memasuki masa pensiun, Polda Riau melaksanakan pelatihan wira usaha sebanyak 94 personel. 

Selanjutnya, Polda Riau bertindak secara profesional dalam penerimaan calon anggota Polri melalui pengawasan dari pihak eksternal ombudsman, dinas pendidikan, dan LSM. 

Untuk perekrutan, Polda Riau juga mendukung masyarakat asli dan kurang mampu yang memiliki kesempatan besar untuk menempuh pendidikan pembentukan Polri di SPN Polda Riau.

Mereka yang direkrut antara lain, casis Bintara Polri dari affirmative action (suku pedalaman) ada 4 orang, dengan rincian suku talang mamak (Inhu) 2 orang, suku sakai ( Bengkalis) 1 orang, dan suku duano (Inhil) 1 orang.

Selain itu, juga ada casis Bintara Polri dari pulau-pulau kecil terluar (ppkt) total 3 orang, dengan rincian dari Bengkalis 2 orang dan Kepulauan Meranti 1 orang.

Lanjut Kapolda, perekrutan casis Bintara Polri berlatar belakang yatim piatu 4 orang. Seterusnya, casis bintara kompetensi 6 orang, dengan rincian orang tua bekerja sebagai tukang kebun 1 orang, pedagang sate 1 orang, buruh bangunan 3 orang, dan Pedagang sayur 1 orang.

Dilanjutkan perekrutan casis Bintara Polri talent scouting dari bidang olahraga Taekwondo, Karate, Judo, Pencak Silat, Paskibraka, Volly, Sepakbola, hingga atlit Badminton.

''Yang membanggakannya, kami menerima 19 casis para hafiz Al-qur’an 19 orang. Faktanya, saat di tes baca Al-Quran memang benar mereka hafal,'' urai Kapolda.

Selanjutnya, terkait pembangunan Sarana dan Prasarana. Untuk melaksanakan tugasnya, Polda Riau memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga terbentuk satu kesatuan yang utuh. 

''Alhamdulillah terkait gedung Mapolda Riau yang baru telah selesai dibangun dan siap digunakan. Diharapkan dengan gedung baru ini pelayanan terhadap masyarakat lebih optimal dan profesional,'' harap Kapolda. 

Sebelumnya, sambung Kapolda, pembangunan gedung baru tersebut dimulai pada tahun 2018 dan selesai serta diresmikan pada hari jumat, 18 desember 2020 secara virtual. 

''Pembangunan mapolda baru tersebut digunakan untuk mendukung kebutuhan operasional kepolisian dan pengembangan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat riau,'' jelas Kapolda.

Kemudian, untuk mendukung calon personel yang bermutu. Maka dilakukan pembangunan SPN Polda Riau di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kampar.(MCR/HB)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

PJ Sekdaprov Riau Tegaskan ASN Dilarang Mudik Lebaran

Sabtu, 17 April 2021 | 12:53:13 WIB

Personel Satpol PP Siaga di Zona Merah COVID-19

Kamis, 15 April 2021 | 21:21:26 WIB

Pekan Depan Pemprov Riau Mulai Gerakan Cinta Zakat

Kamis, 15 April 2021 | 19:24:02 WIB