Selasa, 18 Zulhijjah 1442 H | 27 Juli 2021
Ini Lima Instruksi Presiden Untuk Sukseskan Vaksinasi Covid-19 

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menyampaikan bahwa ada lima instruksi terbaru yang dikeluarkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Ia menyebutkan, sebelumnya telah dilaksanakan rapat koordinasi (Rakor) terkait vaksinasi ini yang dipimpin langsung oleh Presiden RI bersama para menteri dan Pemerintah Daerah (Pemda) se-Indonesia.

"Adapun rapat yang dilaksanakan terkait rencana pelaksanaan vaksinasi terhadap wabah Covid19 tahun 2021," ucapnya dalam rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan dan organisasi profesi membahas terkait pelaksanaan vaksinasi Covid19 di Riau, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Kamis (7/1/2021).

Wagubri menerangkan, instruksi presiden yang pertama adalah bahwa vaksinasi Covid-19 diberikan secara gratis dan masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali. Kedua, seluruh jajaran kabinet kementerian, lembaga dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

"Artinya dalam tahun 2021 ini diharapkan program vaksinasi ini bisa diselesaikan," ucapnya.

Ketiga, Wagubri menyebutkan bahwa Jokowi meminta Menteri Keuangan RI agar memprioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis.

Keempat, Presiden akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin Covid-19. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

Terakhir, Jokowi juga meminta masyarakat untuk melaksanakan disiplin 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Dalam rapat tersebut, Presiden juga melakukan penekanan bahwa pelaksanaan vaksinasi akan dimulai pada pertengahan Januari 2021 ini," tuturnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Harga Bahan Olahan Karet Rakyat di Riau Stabil

Senin, 26 Juli 2021 | 21:01:05 WIB

Gubri Targetkan Revisi RPJMD Riau Tuntas Satu Pekan

Senin, 26 Juli 2021 | 16:14:19 WIB

Besok Hari Terakhir Pendaftaran CASN

Ahad, 25 Juli 2021 | 12:54:22 WIB