Sabtu, 16 Rajab 1442 H | 27 Februari 2021
Menko Kemaritiman dan Investasi RI Sampaikan Arahan Terkait PPKM

PEKANBARU - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan beberapa arahan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama beberapa Gubernur di Indonesia secara virtual, Jumat (8/1/2021).

"Intervensi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat itu penting dan mendesak untuk dilakukan, mengingat kapasitas sistem kesehatan yang sudah hampir terisi  penuh di berbagai daerah," terangnya.

Selain itu, Menteri Luhut juga menyebutkan bahwa intervensi ini juga harus diikuti dengan strategi 3T (Tracing, Testing dan Treatment) yang tepat sasaran dan penegakan disiplin protokol kesehatan harus dilakukan dengan agresif untuk mengendalikan jumlah kasus dan kematian secara berkelanjutan.

"Intervensi ini akan dimulai dari 11-25 Januari dan akan dilakukan evaluasi 2 minggu. Setelah evaluasi akan intervensi dapat diperketat, dilanjutkan atau di relaksasi berdasarkan pertimbangan sistem kesehatan, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan," tambah Menteri Luhut.

Menteri Luhut juga mengarahkan untuk melakukan komunikasi kepada publik dengan semangat "Jaga Diri, Jaga Keluarga, Jaga Negara" untuk membangkitkan rasa solidaritas menjaga kesehatan dan keselamatan satu sama lain. Komunikasi publik ini dapat dilakukan secara masif melalui platform seperti YouTube, Facebook, Instagram dan lainnya.

Selanjutnya, Menteri Luhut juga mengingatkan penyebaran Covid 19 harus di tekankan sebelum vaksinasi di mulai. Berdasarkan penelitian para ahli, jika penyebaran semakin tinggi, maka semakin rendah kasus yang dapat di cegah pasca dilakukan vaksinasi.

"Akan dimulai pada 11- 25 Januari mendatang terhadap operasi perubahan perilaku dan operasi yustisi harus dilaksanakan lebih ketat dan tegas," tutupnya. (MCR/DW)

Video

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021

Berita Terkait

Pemakaian Strap Masker Tidak Dianjurkan Satgas Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 | 23:05:12 WIB

Jokowi Ingatkan Daerah Rawan Karhutla Untuk Waspada

Senin, 22 Februari 2021 | 18:26:58 WIB

Menggunakan Masker Yang Benar Cara Ampuh Menangkal Virus

Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:51:36 WIB