Selasa, 18 Zulhijjah 1442 H | 27 Juli 2021
Wamenkes Beri Usulan Renaksi Terhadap Perlindungan Nakes Yang Tangani Covid-19

PEKANBARU - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono memberikan beberapa usulan rencana aksi (renaksi) kepada beberapa Gubernur dan Dinas Kesehatan di daerah terhadap perlindungan tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19.

"Nakes adalah garda terdepan dan kasus kematian nakes ini semakin banyak, sehingga perlu langkah aksi yang dilakukan selain untuk melindungi masyarakat juga untuk melindungi para nakes," katanya saat rapat koordinasi bersama Kemenkomanves RI dan beberapa gubernur secara virtual, Jumat (8/1/2021).

Adapun rencana aksi yang perlu dilakukan diantaranya, pertama penguatan tracing yaitu dengan melacak kontak erat dan mengkarantina dan mengisolasi kontak erat atau terkonfirmasi.

"Tracing adalah yang penting kita lakukan. Dengan menemukan kasus baru di sekeliling yang sudah terindikasi kasus ," ucap Wamenkes RI ini.

Tracing ini penting karena jika kasus yang baru ditemukan pada stadium awal maka angka kematian semakin menurun. Kemudian apabila ditemukan pada stadium awal bisa di isolasi maka angka penyebaran semakin kecil.

Kedua, penguatan testing. Setiap daerah memang tidak semua memiliki mesin PCR tapi akan kami membantu fasilitasi untuk melengkapi seluruh pukesmas dengan Rafid Antigen dan logistik yang di butuhkan," jelasnya.

Kemudian, renaksi ketiga yaitu penguatan treatment. Di mana treatment itu adanya di rumah sakit, jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi maka setiap daerah juga harus menambah kapasitas sekitar 30-40 persen tempat tidur di rumah sakit.

"Atau alternatif lain dengan menambahkan rumah sakit rujukan," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan untuk melakukan penguatan implementasi pedoman pemantapan dan evaluasi kesiapan rumah sakit pada masa Pandemi Covid 19. Hal ini dapat dilakukan oleh Dinas Kesehatan terkait kesiapan rumah sakit untuk melakukan kesiapan penanganan Covid 19.

"Juga dapat penambahan dan pelatihan tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 dan juga menyiapkan logistik obat untuk tiga bulan kedepan," tuturnya. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait