Selasa, 13 Jumadil Akhir 1442 H | 26 Januari 2021

PEKANBARU --- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi bertujuan untuk mengurangi transmisi covid-19.

“Vaksin itu untuk menurunkan angka penyebaran (transmisi), termasuk menurunkan kesakitan dan menekan angka kematian akibat covid-19,” katanya, Rabu, (13/1/2021).

Dia mengatakan vaksin yang akan disuntikkan kepada masyarakat, sejatinya merupakan upaya bersama untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap paparan virus Covid 19 (herd Immunity).

Langkah vaksinasi, diungkapkan Mimi, memiliki tujuan bersama yakni produktivitas masyarakat dari berbagai sektor tetap terjaga, terutama sektor ekonomi masyarakat, yang telah ambruk sejak awal pandemi melanda.

"Maka dari itu, Ia berpendapat dengan adanya vaksin Covid-19 Sinovac sekarang, akan dapat membantu proses penanganan virus yang berbahaya sekarang (Covid-19) dengan lebih cepat," ujarnya. 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona (SARS-CoV-2), Rabu 13 Januari 2021.

Penyuntikan vaksin dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Penyuntikan vaksin terhadap Jokowi dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan.

Penyuntikan perdana terhadap Jokowi dengan vaksin Covid-19 CoronaVac buatan perusahaan asal China, Sinovac ini menandai program vaksinasi di Indonesia dijalankan.

Selanjutnya setelah Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut diberikan suntikan dosis pertama vaksin Sinovac. (MCR/fdl)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

Anggaran BLK Pekanbaru Naik Jadi Rp90 Miliar Lebih

Selasa, 26 Januari 2021 | 19:53:50 WIB

Waspada, Ini Daerah Rawan Banjir dan Tanah Longsor di Riau

Selasa, 26 Januari 2021 | 19:22:28 WIB