Rabu, 7 Jumadil Akhir 1442 H | 20 Januari 2021
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat terima kunjungan Wakil Ketua Umum DPP Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kurnia Lesandri. Audensi juga dihadiri Ketua DPD Masanta Riau, Fadli, Ketua DPC Masata Pekanbaru Abdul Khair serta pengurus lainnya.

Pertemuan tersebut, Waketum Kurnia Lesandri ingin memastikan kesiapan Riau sebagai penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Masata. Meski dijadwalkan masih tentatif, namun Rakernas direncanakan pertengahan antara September atau Oktober mendatang.

"Sesuai dengan amanah Rakernas Masanta di Bandung beberapa waktu lalu, Riau mengusulkan menjadi penyelenggara tuan rumah, Rakernas II. Isulan ini sudah dimasukan. Nah, audensi ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung kesiapan Riau termasuk dukungan pemerintah," kata Waketum Masata, Rabu (13/1/21) sore. 

Kurnia Lesandri juga menyatakan perhelatan Rakernas II itu nantinya, Masata akan menggandeng Intenational Creatif Comunity Festifal (ICCF). Kemudian, kegiatan tersebut kegiatan juga dikaitkan dengan penyelenggaraan tour de Siak nantinya.

"Kadis Pariwisata memberikan dukungan kepada kita. Beliau, intinya, memberikan dukungan penyelnggaraan Rakernas II di Riau," ujarnya.

Untuk kegiatan Rakernas II Masata sendiri, menurut Kurnia diagendakan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno. Hal ini tentu kesempatan besar, karena Sandiaga sendiri merupakan putra kelahiran Riau, yang sudah menjadi tokoh nasional.

Bagi Sandiaga, datang ke Riau tidak hanya sekedar menghadiri serimonial Rakernas II Masata. Tetapi lebih dari itu, ada nuansa ikatan batin kepada masyarakat negeri lancang kuning ini.

"Beliau tidak hanya lahir, tapi pernah sekolah di Rumbai. Hal ini tentu kesempatan bagi Riau, bagaimana mengemas dan memanfaatkan kegiatan ini lebih baik," ujar Lesandri.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Riau Ronny Rahmat menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Rakernas II Masanta di Riau. 

Menurut Rony, ini tentu kesempatan pemerintah, untuk memperkenalkan budaya dan destinasi pariwisata Riau ke kancah nasional. Termasuk ekonomi kreatif dan paket traveling wisata. 

Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan terbangun kedekatan lebih baik lagi dengan Kementerian Pariwisata bersama Riau. Dengan begitu, tidak hanya sukses untuk penyelenggaraan Masanta, tetapi juga sukses juga untuk Riau. 

"Kita sangat mendukung. Kita bekerja sama dengan Masanta, agar kegiatan ini lebih meriah dan menarik, dengan tetap menonjolkan nuansa budaya melayu Riau," ungkap Roni. 

Masih ditempat yang sama, Ketua DPD Masata Riau, Fadli menyatakan berharap kegiatan Rakernas II Masata di Riau dapat terlaksana. Karena, akan ada efek domino, baik terkait kepariwisataan mau pun ekonomi dari penyelenggaraan Rakernas.

"Kita belum pastikan tekhnisnya seperti apa, tapi dari hasil verifikasi dilakukan Waketum, membuahkan hasil. Karena hasil ini, akan dibawa dalam sidang pleno di Jakarta," pungkas Fadli.( MC Riau/mtr)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

Pemprov dan Baznas Matangkan Program Pulau Zakat di Rupat

Selasa, 19 Januari 2021 | 21:39:09 WIB

Dispora dan Disdik Riau Bakal Bentuk SKO

Selasa, 19 Januari 2021 | 20:48:07 WIB

Update Corona Riau, Positif 167, Sembuh 141

Selasa, 19 Januari 2021 | 18:42:55 WIB

Gubri Syamsuar tetap Jalani Aktifitas Pemerintahan

Selasa, 19 Januari 2021 | 17:47:57 WIB

101 Tahanan Baru Wajib Ikuti Protokol Kesehatan Ketat

Selasa, 19 Januari 2021 | 14:33:22 WIB

Pemprov Riau Terima Kunjungan DPRD Sumatera Utara 

Selasa, 19 Januari 2021 | 13:13:08 WIB

Anak Muda Diharapkan Jadi Enterpreneur

Senin, 18 Januari 2021 | 20:17:19 WIB

Inilah Sebaran Kasus Covid-19 di Riau

Senin, 18 Januari 2021 | 19:01:47 WIB

Pemprov Riau Anggarkan Rp 25 Miliar Untuk Bantuan UMKM

Senin, 18 Januari 2021 | 16:22:49 WIB