Sabtu, 16 Rajab 1442 H | 27 Februari 2021
Kepala BKPM Minta Pemda Libatkan UMKM Jika Ada Investasi di Daerah

PEKANBARU - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia meminta Pemerintah Daerah untuk melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) jika ada pihak investor yang melakukan investasi di daerah.

"Kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota dan seluruh Dinas Penanaman Modal se-Indonesia kiranya kalau ada investasi yang masuk harus melibatkan UMKM," ujarnya, dalam acara penandatanganan Komitmen PMA dan PMDN dengan UMKM yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Negara, Senin (18/1/21).

Bahlil menuturkan, dalam sejarah bangsa, UMKM telah memainkan perannya untuk mengeluarkan Indonesia dari era krisis ekonomi pada Tahun 1998 hingga saat ini. Untuk saat ini sektor UMKM berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Nasional Indonesia dengan mensuplai kurang lebih sekitar 120 juta angkatan kerja dari total 133 juta di Negara Indonesia.

"Pertumbuhan ekonomi kita saat ini juga didorong oleh sektor UMKM," ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dilakukan oleh BKPM adalah menciptakan investasi yang berkualitas dan inklusif. Dimana investasi yang berkualitas dan inklusif adalah meliputi antara keseimbangan investasi di setiap daerah di seluruh Indonesia. Disamping itu ukuran investasi bukanlah seberapa banyak penanaman modal asing maupun penanaman modal dalam negeri, tapi jauh dari itu semua bagaimana investasi yang masuk bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan pembangunan ekonomi yang ada di daerah

Untuk bisa diwujudkan dampak pembangunan ekonomi di daerah, menurut Bahlil tidak ada cara lain selain harus ada kolaborasi kerja sama antara pengusaha besar dalam negeri dan luar negeri dengan UMKM dan pengusaha nasional yang ada di daerah.

"Hari ini jumlah pengusaha besar yang melakukan tanda tangan sebesar 56 perusahaan besar, asing dan dalam negeri dengan 196 UMKM. Kerja sama ini diawali oleh arahan Presiden RI," katanya. (MCR/IP)

Video

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021

Berita Terkait

Pemakaian Strap Masker Tidak Dianjurkan Satgas Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 | 23:05:12 WIB

Jokowi Ingatkan Daerah Rawan Karhutla Untuk Waspada

Senin, 22 Februari 2021 | 18:26:58 WIB

Menggunakan Masker Yang Benar Cara Ampuh Menangkal Virus

Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:51:36 WIB