Kamis, 21 Rajab 1442 H | 04 Maret 2021
Dinas ESDM Riau Optimis Target Lifting Migas Tahun Ini Kembali Tercapai

PEKANBARU - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau optimis tahun ini lifting migas dari hasil kegiatan produksi ladang minyak di wilayah setempat akan kembali mencapai target.

"Saya optimis tahun ini target lifting migas akan capai target," kata Kepala Dinas ESDM Riau Indra Agus Lukman di Pekanbaru, Rabu (20/1/2021).

Rasa optimisme tersebut, terang Indra, mengacu dari hasil kinerja dan capaian yang diperoleh oleh sejumlah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di wilayah Riau. 

"Tahun lalu, yang membuat tercapai itu kawan-kawan Chevron, dia melebihi target, semua kilang dia fungsikan," terangnya.

Apalagi pada Agustus 2021 mendatang, kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dalam pengelolaan Blok Rokan, ladang minyak terbesar di Riau akan berakhir dan beralih ke PT Pertamina. 

"Otomatis mereka juga akan bekerja lebih ekstra dalam menggesa capaian produksi di beberapa bulan terakhir jelang alih kelola ini," tutur Indra. 

Selain itu ketika nanti Blok Rokan diambil alih pengelolaannya oleh Pertamina, sumber daya manusia (SDM) yang saat ini bekerja di PT CPI juga akan tetap dipertahankan. 

"Berarti di tahun 2021 ini nanti ada 4 bulan, yang akan dikelola oleh Pertamina, dari ibu Dirut Pertamina sampai Kementerian ESDM, dan Pak Gubernur Riau itu sudah menyampaikan, yang di lapangan itu tetap adik-adik yang sekarang itu. Pekerjanya itu juga. Jadi kita masih optimis target itu akan tercapai," tuturnya.

Indra mengatakan, untuk target lifting tahun ini estimasinya kemungkinan besar masih mendekati angka tahun lalu. Namun dia belum dapat memastikan jumlah pasti yang akan ditetapkan oleh pemerintah. 

Sebab untuk penetapan target lifting migas Riau, baru akan diketahui setelah pembahasan di tingkat pusat dan terbitnya keputusan Menteri ESDM. 

Bila mengacu target lifting migas tahun lalu, setelah direvisi akibat adanya pandemi Covid-19 Riau mendapat porsi sebesar 275 ribu barel per hari. Dari target tersebut, 'Bumi Lancang Kuning' berhasil mencapai target . (MCR/ger)

Video

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Berita Terkait

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB

Gubri Beri Solusi Masyarakat Yang Ingin Buka Lahan

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:12 WIB

Gubri Harap Riau Aman Karhutla dan Covid-19

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:11 WIB

139 Kilometer Abrasi di Riau Sudah Masuk RPJMN

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:09 WIB