Kamis, 21 Rajab 1442 H | 04 Maret 2021
Inspektorat Riau Buat Aplikasi SIMPLAKAT, Ini Fungsinya
Kepala Inspektorat Provinsi Riau, Sigit Juli Hendrawan

PEKANBARU - Inspektorat Provinsi Riau telah membuat aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengawasan dan Tindak Lanjut (SIMPLAKAT). 

Aplikasi itu tahun 2021 akan mulai digunakan oleh Inspektorat untuk mengurangi tindakan korupsi yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau. 

Kepala Inspektorat Provinsi Riau, Sigit Juli Hendrawan, Rabu (20/1/2021) mengatakan, aplikasi SIMPLAKAT itu mulai digunakan pada tahun 2021. 

"Aplikasi SIMPLAKAT ini sudah mulai kita diterapkan di tahun 2021. Meski masih ada perbaikan-perbaikan sedikit," kata mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ptovinsi Gorontalo ini. 

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, fungsi aplikasi tersebut dalam mewujudkan zona hijau atau wilayah bebas korupsi di lingkungan Pemprov Riau. 

"Dengan aplikasi SIM-PLAKAT ini, nanti semua surat tugas mulainya dari situ (aplikasi) pencetakannya," ungkap Sigit. 

Kemudian, sebut Sigit, nanti semua database temuan nanti juga diinput di aplikasi 

SIMPLAKAT. Sehingga semua temuan di Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) terdapat databasenya. 

"Jadi apa temuannya, dan siapa orang-orangnya yang terlibat akan ketahuan di aplikasi itu. Dan pimpinan bisa mengecek sewaktu-waktu," tegasnya. 

Dijelaskannya, dengan aplikasi tersebut juga untuk mengeliminir Korupsi, Kolusi dan Napotisme (KKN). Sebab selama ini ia hanya menerima dan tanda tangan bebas temuan ASN, tanpa ada databasenya. 

"Sementara kita tidak punya database. Ini yang kita perbaiki. Dengan aplikasi itu kita coba dulu masukan database tahun 2020. Temuannya apa saja, dan siapa yang terlinat disitu. Jadi by name by OPD. Sehingga saya tidak langsung menyetujui kalau ada masuk berkas bebas temuan pegawai," paparnya. 

"Kalau kemarin saya mau tanda tangan ragu. Ini orangnya ada temuan atau tidak. Karena kita tidak punya database. Setelah database tahun 2020, nanti kita tarik mundur database 2019 dan seterusnya. Itu harapan kita agar kedepan lebih baik lagi," tutupnya.

(MC Riau/amn) 

Video

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Berita Terkait

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB

Gubri Beri Solusi Masyarakat Yang Ingin Buka Lahan

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:12 WIB

Gubri Harap Riau Aman Karhutla dan Covid-19

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:11 WIB

139 Kilometer Abrasi di Riau Sudah Masuk RPJMN

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:09 WIB