Sabtu, 23 Rajab 1442 H | 06 Maret 2021
Dukungan Kepala Daerah dan OPD Diharapkan Terhadap Proses Pemeriksaan BPK

PEKANBARU - Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau Widhi Widayat mengharapkan dukungan seluruh Kepala Daerah dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Riau terhadap proses pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2020 yang akan dilakukan oleh BPK.

Mengingat masih di situasi pandemi Covid-19 tentunya pelaksanaan pemeriksaan oleh BPK ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara konsisten. Terkait pelaporan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah bukan hanya menjadi tugas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Oleh karena itu, ia berharap seluruh OPD mempunyai tanggungjawab mendukung proses pemeriksaan oleh BPK.

"Pelaksanaan APBD TA 2020 dalam masa pandemi penuh dinamika. Untuk itu, diharapkan kepala daerah beserta OPD perlu komitmen mendukung pelaksanaan pemeriksaan LKPD agar berjalan sesuai rencana," katanya dalam kegiatan pelaksanaan tugas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2020 secara virtual, Rabu (20/1/2021).

Ia menyampaikan perlu dibangun komunikasi yang efektif antara pihak yang akan diperiksa dan yang akan memeriksa. Selain itu, nantinya kepala daerah bersama kepala BPK Perwakilan Riau menentukan jadwal pemeriksaan LKPD meliputi penyusunan LKPD, pelaksanaan pemeriksaan dan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD.

"Untuk itu agar pemerintah daerah (Pemda) menentukan narahubung setiap OPD untuk memudahkan komunikasi dan saat pelaksanaan pemeriksaan," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kepada kepala daerah agar bersurat kepada pengurus partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD untuk menyampaikan LPj dana bantuan keuangan kepada BPK paling lambat 31 Januari 2021 mendatang.

Kemudian, penyerahan LHP Pemprov Riau dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD. Sedangkan penyerahan LHP Kabupaten/Kota diserahkan ke kantor BPK Perwakilan Riau secara langsung.

"Kami harapkan Pemda dapat mendukung tim pemeriksa bertugas sesuai nilai-nilai dasar BPK secara independen, berintegritasi, dan profesional," tutupnya. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

229.987 Spesimen Swab Telah Diperiksa Selama Pandemi

Jumat, 05 Maret 2021 | 20:21:32 WIB

Kelompok Tani Peduli Api Bantu Pencegahan Karhutla

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:29:14 WIB

Pemerintah Berencana Kembali Rekrut ASN Tahun Ini

Jumat, 05 Maret 2021 | 13:31:44 WIB

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB