Ahad, 24 Rajab 1442 H | 07 Maret 2021
Asisten I Setdaprov Riau Audiensi Ikatan Keluarga Alumni Undip Riau

PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Provinsi (Setdaprov) Riau Jenri Salmon Ginting yang didampingi Kepala Bagian Layanan Dasar Biro Kesra Setdaprov Riau Rudi Hartono menerima audiensi dengan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) Riau telah berlangsung di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kantor Gubernur Riau, Kamis (21/1/2021).

Saat audiensi tersebut, Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting menyambut baik silahturahmi dari IKA Undip Riau ini. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan mendengarkan dan berdiskusi mengenai tujuan audiensi IKA Undip Riau dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Audiensi atas kunjungan ini kami ingin melihat apa yang perlu kita bicarakan apakah menyangkut tentang beasiswa dan terlebih lagi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh IKA Undip Riau", katanya.

Adapun Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) IKA Undip Riau, Hery Simangunsong menanggapi hal tersebut, juga menyambut baik serta berterima kasih kepada Pemprov Riau untuk menerima audiensi tersebut. Ia mengatakan bahwa Undip telah melakukan program ujian mandiri secara langsung untuk penerimaan mahasiswa baru yang tidak lulus seleksi pada jalur umum penerimaan mahasiswa yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Kami mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan ujian tertulis di Riau bagi yang tidak lolos secara SNMPTN untuk masuk ke Undip, dan ini sudah berlangsung di Pekanbaru sudah berjalan 8 tahun," ujarnya.

Selain program jalur mandiri, ia mengungkapkan terkait program Pemprov Riau memberikan beasiswa terhadap mahasiswa berasal dari Riau yang menuntut ilmu di daerah Jawa. "Apakah program tersebut masih ada?," tanyanya.

Kemudian, ia juga memberikan saran untuk dilakukan pembangunan asrama bagi mahasiswa Riau khususnya di Jawa Tengah. Karena diharapkan asrama yang dibangun oleh Pemprov Riau bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Riau yang menuntut ilmu tidak hanya mahasiswa Undip tapi juga universitas lainnya.

"Karena mahasiswa yang kuliah di Jawa tidak semuanya ekonominya mampu ada juga dari ekonomi sedang, sehingga diharapkan pembangunan asrama nantinya dapat membantu meringankan bagi mahasiswa Riau yang kuliah di daerah Jawa," tuturnya.

Terkait program beasiswa, Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting menuturkan bahwa secara teknis mengenai persyaratan mengajukan program beasiswa dapat kiranya dari pihak Undip secara langsung berkoordinasi dengan Biro Kesra Setdaprov Riau. dilanjutkannya, untuk di tahun ini memang adanya keterbatasan anggaran karena masih situasi pandemi, fokus anggaran terhadap penanganan Covid 19.

Jenri menambahkan, untuk prosedur pembangunan asrama, pihaknya akan terlebih dahulu menyampaikan kepada Gubernur Riau atau Wakil Gubernur Riau. Asrama tentunya berkaitan dengan pembangunan dan hal ini dibutuhkan biaya yang besar. Namun, pihaknya mendukung program ataupun masukkan dari IKA Undip Riau tersebut.

"insyaallah akan kami dukung, akan kami sampaikan kepada bapak Gubernur atau bapak wakil Gubernur terkait hal yang telah disampaikan tadi," ungkapnya. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

229.987 Spesimen Swab Telah Diperiksa Selama Pandemi

Jumat, 05 Maret 2021 | 20:21:32 WIB

Kelompok Tani Peduli Api Bantu Pencegahan Karhutla

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:29:14 WIB

Pemerintah Berencana Kembali Rekrut ASN Tahun Ini

Jumat, 05 Maret 2021 | 13:31:44 WIB

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB