Ahad, 24 Rajab 1442 H | 07 Maret 2021
Plh Sekdaprov Riau Kenalkan Batik Asli Riau

PEKANBARU - Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy saat menghadiri peresmian gerai UMKM Aspekraf Riau tampak memakai baju batik asli dari Kabupaten Kepulauan Meranti dengan motif pohon sagu.

Ia menerangkan alasannya mengenakan baju tersebut sebagai salah satu bentuk promosi sekaligus memperkenalkan salah satu Kabupaten di Riau, sehingga diharapkan bisa memancing para pengurus Puan Aspekraf Riau dan desainer batik untuk mengangkat keunggulan daerah.

Ia menerangkan, banyak motif yang bisa diangkat dan diidentifikasi dari daerah-daerah di Riau seperti dari Kabupaten Bengkalis, dari Kabupaten Kampar, dari Kabupaten Kuansing, serta dari daerah lainnya di Provinsi Riau.

"Ini sebenarnya baju saya sudah lama sudah berusia lebih dari lima tahun, waktu saya masih jadi Wakil Bupati Kepulauan Meranti. Ini sebagai promosi," ujarnya, di Lantai 2 Mall SKA Pekanbaru, Kamis (21/1/21).

Ia menambahkan, keunggulan Riau tidak hanya dari segi batik, menurut Plh Sekdaprov Riau ini, berbagai jenis kuliner juga banyak yang bisa dikembangkan sehingga menjadi keunggulan daerah.

Menurutnya, melalui pembukaan gerai UMKM Riau ini menjadi salah pola mendorong agar masyarakat kreatif dan produktif serta pandai memanfaatkan peluang yang ada.

"Katakanlah hari ini gerai ini dibuka di mall, nanti bisa jadi di tempat lainnya tidak hanya di mall, sehingga bisa menampilkan kreativitas anak Riau ini," tuturnya.

Ia menambahkan, Gubernur Riau juga telah membentuk tim kreatif Riau yang berasal dari para remaja-remaja kreatif dari masing-masing daerah di Riau sehingga bisa dipadukan dan bersinergi untuk membangun daerah.

"Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dan peluang usaha apalagi dengan kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19," ungkapnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

229.987 Spesimen Swab Telah Diperiksa Selama Pandemi

Jumat, 05 Maret 2021 | 20:21:32 WIB

Kelompok Tani Peduli Api Bantu Pencegahan Karhutla

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:29:14 WIB

Pemerintah Berencana Kembali Rekrut ASN Tahun Ini

Jumat, 05 Maret 2021 | 13:31:44 WIB

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB