Ahad, 24 Rajab 1442 H | 07 Maret 2021
Gerai UMKM Aspekraf Riau Sajikan Produk Kearifan Lokal Riau

PEKANBARU - Ketua Puan Asosiasi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Fashion (Aspekraf) Riau, Arni Ningsih menyampaikan bahwa gerai UMKM Puan Aspekraf Riau yang baru diresmikan oleh Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy menyajikan berbagai produk UMKM dengan kearifan lokal di Provinsi Riau.

Ia menyebutkan, ada banyak jenis makanan khas lokal yang dijual di gerai tersebut, seperti mie sagu, kopi liberika, nasi lemak, dan berbagai jenis makanan lainnya. Selain itu, gerai tersebut juga menyajikan produk non kuliner seperti, kain tenun dan batik khas Riau, masker tenun, tas tenun, pouch, gantungan kunci, tanjak dan lainnya.

"Gerai UMKM ini digagas oleh perempuan kreatif di Riau yang menyajikan produk berkearifan lokal," katanya, dalam peresmian gerai UMKM Puan Aspekraf Riau di Lantai 2 Mall SKA Pekanbaru, Kamis (21/1/21).

Arni menambahkan, dibentuknya gerai UMKM tersebut dalam rangka ingin membantu UMKM yang berdampak Covid19 dan merangkul mengembangkan kearifan lokal yang ada di Riau.

Selain merangkul UMKM mengembangkan kearifan lokal, menurutnya, pihak Aspekraf juga akan merangkul para UMKM agar menggerakkan perekonomian yang ada di Riau.

"Nanti akan kita rangkul UMKM yang ada di 12 Kabupaten/Kota di Riau," ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini sudah mencapai 30 UMKM yang ikut bergabung di gerai tersebut, namun hanya masih perwakilan dari lima Kabupaten/Kota di Riau.

Adapun kedepannya akan ada UMKM perwakilan dari 12 kabupaten/kota yang akan memperkenalkan kearifan lokalnya melalui gerai puan Aspekraf Riau dengan bekerja sama dengan dinas perindustrian perdagangan UMKM di seluruh Kabupaten/Kota di Riau.

"Kita akan bekerja sama dengan beberapa UMKM yang bisa kita gandeng di daerah," tuturnya.

Ia berharap, gerai yang telah diresmikan tersebut bisa membantu mengembangkan UMKM yang ada di Riau dan mampu mengangkat perekonomian Riau masa pandemi Covid-19 ini. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

229.987 Spesimen Swab Telah Diperiksa Selama Pandemi

Jumat, 05 Maret 2021 | 20:21:32 WIB

Kelompok Tani Peduli Api Bantu Pencegahan Karhutla

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:29:14 WIB

Pemerintah Berencana Kembali Rekrut ASN Tahun Ini

Jumat, 05 Maret 2021 | 13:31:44 WIB

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB