Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021
Ninik Mamak Kampa Gelar Penabalan Datuk Sama Diraja

KAMPAR - Ninik mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau menggelar prosesi penabalan gelar Datuk Sama Diraja. 

Kegiatan ini berlangsung secara khidmat. Lokasinya di kantor Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau. Berada di tepi jalan lintas Pekanbaru - Bangkinang, pada Kamis. (21/01/2021).

Pagi itu telah hadir salah satu Tokoh Masyarakat, Afrizal Hidayat. Ia berkesempatan menerima penabalan gelar Datuk Sama Diraja. Aftizal hadir  tampak menggunakan kaca mata hitam, penutup kepala khas Kampa, jas hitam dan bersarung kain tenun. 

Prosesi penabalan Datuk ini penuh dengan nilai-nilai budaya dan semangat gotong royong. Rombongan ibu-ibu yang datang menjunjung makanan dan menyajikan makanan khas Kampa. Tidak itu saja, tampak juga anak-anak muda dan masyarakat berkumpul bergotong royong sekaligus turut menyaksikan prosesi gelar adat tersebut. 

Dalam pelaksanaan prosesi adat yang dilakukan oleh minik mamak setempat itu, diiringi alat musik kompang serta alunan shalawat. Sejumlah warga, ninik mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat yang hadir, tampak menggunakan masker. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah peneyeraban virus corona. 

Sebelum prosesi penobatan gelar Datuk berlansung, didahului atraksi silat tradisonal khas Kampa oleh sejumlah pemuda setempat. Kemudian, dilanjutkan dengan proses adat, oleh berbagai suku yang ada di Kampa. Lalu, dilanjutkan lagi dengan acara memberikan pendapat, petuah, atau nasehat dan harapan masyarakat Kampar di hadapan Afrizal. 

Tokoh masyarakat Kampa yang bergelar Datuk Mongguong, Syamsiwir, usai prosesi gelar mengatakan, sebagai ninik mamak di Kecamatan Kampa ia bersyukur, karena saat ini dalam struktur ninik mamak di Kampa ada kekosongan sebelumnya. 

Dijelaskan Syamsiwir, dengan adanya penebalan ini jumlah ninik mamak di Kampa  sudah lengkap 8 orangnya. "Semoga kedepanya bisa bekerjasama dengan masyarakat atau upi upika yang ada, yaitu tali berpilin tiga, tiga tunggku sejoang artinya adat agamo dan Ninik mamak harus sejalan, supaya negeri Kampa ini terbangun anak kepenokan terpelihara kedepanya," sebutnya. 

Syamsiwir pun berpesan kepada sebagai Dunsanak Seandiko, sejak didirikanya pangkal nyawo (nyawa) bebalai, mudah mudahan Datuk Sama Diraja (Afrizal) amanah dan bisa berjuang untuk anak kemanakan yang persukuan.

Hadir pada acara itu, Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru, Dr. Junaidi, SS.M.Hum. Ia menuturkan, bahwa pihaknya sangat memberikan apresiasi untuk Kenegerian Kampa yang masih menjalankan adat dan tradisi. 

"Unilak saat ini menjadi mitra Kenegerian Kampa dalam pelestarian adat di Kampa. Kami akan akan mendokumentasi adat dan tradisi di sana. Selain itu, Unilak juga mendampingi ninik mamak Kenegerian Kampa dalam penyelamatan dan pengembangan hutan adat yang berada di wilayah Kenegerian Kampa," ujar Junaidi. 

Sementara itu, Afrizal yang ditemui usai prosesi adat mengucapakan Allhamdulillah. Dirinya bersyukur karena menurut nya, secara kenegerian ibarat sampan sudah penuh, di isi oleh seluruh Datuk kenegerian, jadi dari seluruh suku-suku Kenegerian Kampa ini sudah punya lengkap, sudah punya Ninik Mamak dan tidak ada lagi yang diragukan. 

"Insya Allah kalau sampan ini sudah penuh apa yang menjadi cita cita bisa kita kembalikan, bisa kita bangkitkan lagi, dan bersinergi dengan pemerintahan yang ada. Kita berharap kalau ini sudah berjalan dan terjalin baik, Insya Allah adat bersandi syara, syara bersandi kitabulllah pasti akan bangkit kedepanya," kata Afrizal Hidayat. 

(MC Riau/Yan) 

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

GAPKI Riau Edukasi Sawit Baik Ke Tenaga Pendidik

Jumat, 11 Juni 2021 | 20:08:17 WIB

Polda Riau Ungkap Kasus Pupuk Oplosan di Kampar

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:45:47 WIB

Tim Kukerta UNRI Sukseskan Vaksinasi di Tapung Hilir

Selasa, 08 Juni 2021 | 10:44:18 WIB

Lalulintas Jalan Lintas Riau-Sumbar Kembali Normal

Jumat, 07 Mei 2021 | 23:03:47 WIB

Tim SAR Temukan Dua Bocah Tenggelam di Sungai Kampar

Selasa, 04 Mei 2021 | 16:02:51 WIB

3 Bupati, Sambut Kunker Terakhir Pandam I/BB di Kampar

Jumat, 12 Februari 2021 | 17:32:45 WIB