Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

BENGKALIS - Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi mengikuti Rapat Koordinasi dan Silaturahmi Forum Sekretaris Daerah se-Indonesia (Forsesdasi) tahun 2021 secara virtual di Bengkalis, Jumat (22/1/2021). 

Rakor Forsesdasi tahun 2021 dibuka secara langsung oleh Ketua DPP Forsesdasi sekaligus Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Selatan Nasrun Umar dan diikuti oleh Sekdaprov, Sekdakab/Sekdako se-Indonesia. 

Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori, Asisten Deputi (Asdep) Manajemen Karier dan dan Talenta Deputi Bidang SDM Aparatur Kemen PANRB Aba Subagja, dan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto. 

Tema yang diangkat Forsesdasi tahun ini adalah Peran Sekretaris Daerah dalam Mewujudkan Pemerintahan Daerah Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Maju. 

Ketua DPP Forsesdasi, Nasrun Umar mengatakan di samping untuk menjalin silaturahmi, Rakor juga bertujuan menyamakan persepsi dan menambah wawasan Sekda khususnya agar dapat berpartisipasi aktif mendukung Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan melalui pengelolaan sumber daya ASN yang profesional, berintergritas dan berkinerja tinggi untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang lebih baik menuju Indonesia Maju. 

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ASN harus tetap produktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka pemanfaatan teknologi menjadi salah satu alternatif ASN dalam menyelenggarakan gerakan suatu pertemuan, memberikan pelayanan di tengah-tengan pandemi Covid-19 saat ini," terangnya. 

Peran Sekda, kata Nasrun semakin strategis dimana Sekda mempunyai peran penting dalam mengawal proses perubahan dengan cara melakukan gerakan reformasi birokrasi. 

"Di bidang pemeritahahan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, ditegaskan bahwa Sekda merupakan jabatan tertinggi dalam pemerintahan," jelasnya. 

Selain itu, Sekda juga mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam rangka permasalahan kebijakan dan pengkoordinasian administratif tugas Kepala Daerah dalam rangka pelayanana administratif yang memang dibutuhkan masyarakat terutama dalam situasi pandemi saat ini. 

Diinformasikan juga bahwa Rakornas Forsesdasi tahun 2021 akan dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ia berharap dengan berkumpulnya nanti para Sekda di Forsesdasi tahun 2021 bisa menemukan jalan keluar terbaik permasalahan dan saling berbagi dalam memperjuangkan harkat dan martabat sebagai Sekda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. (MCR/NV)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB