Jumat, 22 Rajab 1442 H | 05 Maret 2021
24 BLK Komunitas di Riau dapat Bantuan Kemnaker
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau H Jonli.

 PEKANBARU- Sedikitnya, 24 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Riau mendapatkan bantuan penyelenggaran pelatihan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI.

Informasi ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau H Jonli. Disebutkan, 24 BLK Komunitas ini merupakan binaan BLK Kota Pekanbaru.

"Saat ini kan pengelolaan BLK Pekanbaru telah diambil alih oleh Kementerian (Kemnaker-red). Jadi 24 BLK Komunitas ini nantinya mendapatkan bantuan berupa progtam pelantihan dari BLK Pekanbaru," terang Jonli, JUmar (22/1/21) di Pekanbaru.

Jonli memaparkan, BLK Komunitas ini merupakan suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

BLK ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sekitar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

"Nanti, BLK Komunitas ini akan diundang ke BLK Pekanbaru. Selanjutnya, mereka diberikan pelatihan," ulasnya lagi.

Jonli tidak menampik, semenjak dikelola oleh Kemnaker, BLK Pekanbaru akan banyak mendapatkan dana bantuan dari pusat. Diperkirakan, untuk tahum 2021 ini dana APBN yang akan digelontorkan mencapai Rp90 miliar lebih.

"Inilah sebenarnya alasan kita, kenapa BLK Pekanbaru dan BLK Kota Dumai ini diambil alih oleh Kemnaker. Karena kalau dikelola pusat, otomatis APBN banyak dialokasikan ke Provinsi Riau,"harapnya. (MC Riau /NOR) 

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB