Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021

DUMAI - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Dumai, Riau, terus melakukan pemantauan izin edar dan masa berlaku barang makanan minuman yang dijual di sejumlah supermarket atau pasar modern serta pertokoan di daerah itu.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Dumai, Kamaruddin  di Dumai, Rabu (25/6) menyatakan, pemantauan ini dilakukan dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan yang akan disertai dengan peningkatan permintaan oleh konsumen.

"Target dari pengawasan ini agar barang makanan minuman impor yang dijual telah dipastikan memenuhi izin dan persyaratan kesehatan bagi konsumsi masyarakat serta masih berlaku masa edarnya," katanya.

Menurutnya, tim pemantauan yang telah dibentuk selanjutnya akan mengecek kondisi makanan minuman yang dijual, dan jika menemukan tidak layak konsumsi maka akan ditarik dari peredaran.

Pelaksanaan pengawasan ini, sebutnya, bekerjasama dengan Dewan Ketahanan Pangan Pemkot setempat yang akan intens melakukan peninjauan ke pusat perbelanjaan.

Selain itu, tim yang dibentuk juga akan melakukan pengecekan barang makanan minuman impor tidak memiliki nomor register dari instansi berkompeten, sebagai salah satu persyaratan masuknya barang impor ke dalam negeri.

"Kedepan pengawasan ini akan terus dilaksanakan secara rutin hingga jelang perayaan lebaran nanti agar konsumen mendapatkan produk makanan minuman yang terjamin kesehatannya dan layak dikonsumsi," terangnya.

Dia mengharapkan, pada saat bulan suci Ramadan nanti, seluruh produk yang dijual di pasaran telah aman, sehat dan layak konsumsi masyarakat, dan tidak ada lagi ditemukan tempat penjualan yang menjual produk habis masa kadaluarsa atau yang tidak beregister. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Kapolda dan Gubernur Riau Tinjau Posko PPKM di Dumai

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:18:28 WIB

Riau Bentuk Satgas Pemulangan Pekerja Migran di Dumai

Sabtu, 24 April 2021 | 17:15:41 WIB

Dumai Kembali Jadi Pintu Masuk Pemulangan TKI

Kamis, 22 April 2021 | 14:49:28 WIB