Kamis, 11 Rabiul Akhir 1442 H | 26 November 2020

DUMAI - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Dumai, Riau, terus melakukan pemantauan izin edar dan masa berlaku barang makanan minuman yang dijual di sejumlah supermarket atau pasar modern serta pertokoan di daerah itu.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Dumai, Kamaruddin  di Dumai, Rabu (25/6) menyatakan, pemantauan ini dilakukan dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan yang akan disertai dengan peningkatan permintaan oleh konsumen.

"Target dari pengawasan ini agar barang makanan minuman impor yang dijual telah dipastikan memenuhi izin dan persyaratan kesehatan bagi konsumsi masyarakat serta masih berlaku masa edarnya," katanya.

Menurutnya, tim pemantauan yang telah dibentuk selanjutnya akan mengecek kondisi makanan minuman yang dijual, dan jika menemukan tidak layak konsumsi maka akan ditarik dari peredaran.

Pelaksanaan pengawasan ini, sebutnya, bekerjasama dengan Dewan Ketahanan Pangan Pemkot setempat yang akan intens melakukan peninjauan ke pusat perbelanjaan.

Selain itu, tim yang dibentuk juga akan melakukan pengecekan barang makanan minuman impor tidak memiliki nomor register dari instansi berkompeten, sebagai salah satu persyaratan masuknya barang impor ke dalam negeri.

"Kedepan pengawasan ini akan terus dilaksanakan secara rutin hingga jelang perayaan lebaran nanti agar konsumen mendapatkan produk makanan minuman yang terjamin kesehatannya dan layak dikonsumsi," terangnya.

Dia mengharapkan, pada saat bulan suci Ramadan nanti, seluruh produk yang dijual di pasaran telah aman, sehat dan layak konsumsi masyarakat, dan tidak ada lagi ditemukan tempat penjualan yang menjual produk habis masa kadaluarsa atau yang tidak beregister. (MC Riau/ar)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB