Jumat, 22 Rajab 1442 H | 05 Maret 2021
Bahas Layanan Unggulan Stroke Menuju Rumah Sakit Khusus Otak, Plh Sekdaprov Riau Rapat Bersama Dirut RSUD Petala Bumi

PEKANBARU - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy mengadakan rapat bersama Direktur RSUD Petala Bumi Sumiati terkait pengembangan RSUD Petala Bumi dengan layanan unggulan stroke menuju rumah sakit khusus otak di Ruang Rapat Sekdaprov Riau Gedung Menara Lancang Kuning, Senin (25/1/2021). 

Direktur RSUD Petala Bumi Sumiati menjelaskan bahwa sebelum menetapkan Unggulan layanan Stroke Munuju Sumah Sakit Khusus Otak di RSUD Petala Bumi, pihaknya terlebih dulu telah melakukan kajian sehingga layanan khusus otak bisa dikembangkan di RSUD Petala Bumi. 

"Kami telah membahas dan mengkaji segala hal yang bersangkutan sehingga layanan khusus otak layak ada di RSUD Petala Bumi," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Sumiati menyampaikan beberapa tahapan rencana pengembangan RSUD Petala Bumi yakni tahap I (tahun 2021-2022) tentang pelayanan unggulan stroke, tahap II (2023-2024) mengenai pelayanan otak, dan tahap III (tahun 2025) optimalisasi pelayanan otak. 

Mengkaji setiap tahapannya, tentu butuh prosedur-prosedur dan tahapan yang matang sehingga apa yang diinginkan bisa terlaksana sesuai keinginan. Pihaknya pun melakukan secara bertahap, karena arahan dari Kementerian Kesehatan pun demikian.

"Yaitu kita harus melangkah dari tahapan-tahapan yang telah ditentukan," ujarnya. 

Menurutnya, layanan khusus otak sudah seharusnya ada di Provinsi Riau. Mengingat tidak sedikit masyarakat Riau yang menderita penyakit stroke. Keberadaannya pun bisa memberikan manfaat di tengah masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu berobat keluar provinsi lagi. 

Menanggapi hal itu, Plh Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy memberikan respon prositif akan diadakannya layanan khusus otak di Kota Madani khususnya di RSUD Petala Bumi.

Namun ia berpesan, demi terwujudnya hal tersebut pihak RSUD Petala Bumi harus memberikan gambaran-gambaran dan tahapan yang akan dilalui sehingga layanan khusus otak bisa ada di RSUD Petala Bumi. 

"Semua harus dipikirkan contoh jumlah ruangan, dokter, tempat parkir dan sebagainya," imbuhnya. 

Ia juga mengingatkan agar jangan sampai program lain yang telah lama ada di RSUD Petala Bumi terabaikan, hanya demi menjadikan layanan khusus otak ini. Tentu hal itu katanya sangat disayangkan. 

Namun secara teknis, pihaknya memberikan dukungan terkait layanan khusus otak di RSUD Petala Bumi dengan catatan segala tahapannya disampaikan dengan jelas sehingga untuk proses pengadaannyapun bisa segera terpenuhi. 

Turut hadir Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB