Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

PEKANBARU - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy membuka secara resmi acara Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat dalam mendukung terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia Maju di Aula Universitas Lancang Kuning (Unilak), Selasa (26/1/2021). 

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dengan Pemprov Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru, dan Unilak tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Perpusnas R, Syarif Bando. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Perpusnas RI dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru serta perguruan tinggi se Provinsi Riau. 

Acara yang bertemakan "Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Baca Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Indonesia" ini menghadirikan beberapa pemateri diataranya Plh. Sekdaprov Riau Masrul Kasmy, Kepala Perpusnas RI Syarif Bando, Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan Rektor Unilak Junaidi. 

Dalam sambutannya, Plh Sekda Riau mengatakan bahwa perpustakaan berperan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing di era global yakni dengan membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan. 

Bangsa yang maju, katanya, tidak hanya dibangun dengan mengandalkan SDM yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Tetapi bangsa yang maju ditandai dengan memiliki peradaban yang tinggi, masyarakat yang melek huruf dan aktif berperan dalam memajukan masyarakat dunia. 

"Sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai syarat kecakapan hidup, mulai dari keluarga, sekolah hingga masyarakat," jelasnya. 

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk menumbuhkan budaya baca perlu dihidupkan penguatan gerakan literasi. Gerekan ini merupakan salah satu bagian dari rencana strategis yang diusung perpustakaan. Gerakan ini memerlukan ikhtiar kolektif dari masyarakat, gerakan kolektif ini menghidupkan tradisi dan budaya baca di masyarakat secara sistematik. 

"Perpustakaan dapat menjadi pondasi sosial yang sangat kokoh, mendorong proses transformasi masyarakat menuju kehidupan yang lebih sejahtera, adil dan makmur," pungkasnya. 

Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau Rahima Erna, Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Riau Chaidir serta diikuti melalui zoom meeting oleh Perguruan Tinggi se Provinsi Riau serta Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. (MCR/NV)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB