Ahad, 24 Rajab 1442 H | 07 Maret 2021
Wagubri Pimpin Rapat Entry Briefing BPK Perwakilan Provinsi Riau

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution memimpin rapat Entry Briefing Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau dalam rangka Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada Provinsi Riau Tahun 2020 dan Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Belanja Modal Infrastruktur pada Provinsi Riau Tahun 2020, di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur, Selasa (26/1/2021).

Datuk Seri Timbalan Setia Amanah, Edy Nasution mengatakan sesuai surat yang diterima maka akan dilaksanakan pemeriksaan interim LKPD dan termasuk juga Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Belanja Modal Infrastruktur tahun 2020.

"Kita tentu tidak cuma sekali ini saja menerima pemeriksaan, tapi ini pekerjaan yang sering kita hadapi atau lakukan, tapi perlu ditekankan bahwa apa yang menjadi tujuan dari pemeriksaan itu sendiri harus kita pahami dengan baik dan kita baru bisa melaksanakan sesuatu itu dengan efektif ketika kita tau persis apa yang harus kita lakukan," ujarnya.

Ia melanjutkan adapun jenis audit yang dilaksanakan oleh BPK RI atau lingkup pemeriksaan BPK RI berdasarkan UU RI No 15 Tahun 2004 pasal 4 terdiri dari 3 diantaranya Pemeriksaan keuangan, Pemeriksaan kinerja, Pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

"Artinya tiga pemeriksaan inilah yang sering dilakukan oleh BPK adapun dengan tujuan tertentu itu masing masing tentunya memiliki tujuan lain pula, dan tiga pemeriksaan yang dilakukan muaranya adalah opini dan mendapatkan opini dari pemeriksaan itu sendiri," terangnya.

Ia berharap seluruh OPD mempersiapkan data dan menyerahkan data sesuai apa yang telah diminta karena seiring waktu berjalan bisa melengkapi data yang diinginkan sehinga tidak terjadi kendala dalam pemeriksaan.

"Dengan adanya pemeriksaan pendahuluan ini, tentunya kita sudah dapat keterangan apa saja yang akan diperiksa dan ketika diperiksa nantinya hanya pencocokan saja karena sebelumnya kita sudah punya kisi kisi, jadi tidak perlu menyembunyikan data dan sebagainya," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada OPD untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan tim KPK RI Perwakilan Provinsi Riau agar pemeriksaan interim atau pemeriksa pendahuluan kinerja bisa berjalan dengan baik

"Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas BPK dalam pemeriksaan LKPD dan Infrastruktur bisa terselenggara dengan baik," pungkasnya.

Turut hadir Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Riau Widhi Widayat, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau, dan Tim Pemeriksa BPK RI Provinsi Riau. (MCR/sem)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

229.987 Spesimen Swab Telah Diperiksa Selama Pandemi

Jumat, 05 Maret 2021 | 20:21:32 WIB

Kelompok Tani Peduli Api Bantu Pencegahan Karhutla

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:29:14 WIB

Pemerintah Berencana Kembali Rekrut ASN Tahun Ini

Jumat, 05 Maret 2021 | 13:31:44 WIB

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB