Jumat, 22 Rajab 1442 H | 05 Maret 2021

PEKANBARU - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal menyampaikan bahwa dibutuhkan kerja sama berbagai pihak dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Ia menyebutkan bahwa untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di masing-masing provinsi dikoordinasikan oleh Gubernur, sedangkan untuk kabupaten/kota dikoordinasikan oleh Bupati/Wali Kota. 

"Perlu kerja sama dalam pelaksanaan vaksinasi ini," katanya dalam acara literasi vaksin Covid-19 badan publik yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube BeritaSatu, Rabu (27/1/2021).

Kemudian Safrizal juga meminta pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota agar perlu melaksanakan kerja sama dengan BUMN atau BUMD atau badan usaha swasta, organisasi masyarakat profesi, TNI/Polri dan pihak terkait lainnya 

Adapun Upaya kerja sama tersebut meliputi dukungan penyediaan tenaga kesehatan, tempat vaksinasi Covid-19, keamanan, sosialisasi dan penggerakan masyarakat, dukungan penyediaan tenaga non kesehatan, dan pengelolaan limbah tenaga medis.

"Dibutuhkan tim pelaksana tingkat provinsi, kabupaten/kota dan puskesmas dengan melibatkan seluruh lintas program di lingkungan sektor kesehatan serta lintas sektor terkait," ujarnya.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri ini menambahkan, tim pelaksana yang harus disiapkan tersebut terdiri dari lima bidang yakni perencanaan, vaksin, logistik dan sarpras, pelaksanaan, komunikasi advokasi dan pemberdayaan masyarakat.

"Dukungan pengalokasian anggaran pelaksanaan imunisasi Covid19 juga dilaksanakan Kemendagri melalui surat edaran nomor 910/6650/SJ," terangnya.

Safrizal berharap sosialisasi dan edukasi tetap dijalankan oleh pemerintah daerah dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan 4M di tempat vaksinasi dan edukasi penggalangan publik anti hoax. 

"Perlu antar pemimpin di daerah itu satu pemahaman terkait vaksinasi ini," tuturnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Pemakaian Strap Masker Tidak Dianjurkan Satgas Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 | 23:05:12 WIB

Jokowi Ingatkan Daerah Rawan Karhutla Untuk Waspada

Senin, 22 Februari 2021 | 18:26:58 WIB

Menggunakan Masker Yang Benar Cara Ampuh Menangkal Virus

Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:51:36 WIB