Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Asisten I Setdaprov Riau Hadiri Pelantikan DPW Organisasi Santani Provinsi Riau

PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Jenri Salmon Ginting menghadiri sekaligus memberikan sambutan acara pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Organisasi Santri Tani (Santani) Masa bakti 2021-2025 di Hotel Ayola First Point Pekanbaru, Jumat (29/01/2021).

Dalam sambutannya, Jenri menyampaikan bahwa momentum pelantikan pengurus DPW Sentani merupakan salah satu langkah maju bagi organisasi Santani untuk memberdayakan dan menggerakkan para santri dalam meningkatkan usaha tani.

"Memberdayakan dan menggerakkan para santri dalam meningkatkan usaha tani adalah salah satu program dari Kementerian Pertanian RI," katanya.

Menurutnya, program dari Kementerian Pertanian RI ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional dan daerah. Hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk lebih fokus  kepada pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Oleh karena itu, Menteri Pertanian secara serius melakukan pembinaan pada generasi muda dan penyiapan generasi SDM dan regenerasi pertanian semua kalangan tak terkecuali santri dan pesantren di Indonesia. Dengan fokus pemerintah untuk melestarikan berbagai target swasembada dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional terus dilakukan.

"Hal ini menjadi sangat penting karena urusan pangan ialah urusan hidup matinya bangsa namun ada hal yang tidak kalah pentingnya dalam mewujudkan target swasembada pangan yakni upaya mempersiapkan generasi dan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul," ujarnya.

Terutama di era revolusi industri kini, di mana program regenerasi dikemas dalam gerakan petani milenial dan santri milenial yang dilakukan untuk mencapai kemandirian pangan nasional melalui modernisasi pertanian dan mekanisasi usaha tani.

"Sehingga nantinya para santri memiliki kemampuan bertani secara modern termasuk melakukan bisnis pemasaran di bidang pertanian," ungkapnya. 

Turut hadir Sekjen Santani Pusat Asep Miftahuddin, Dewan Pakar DPW Riau Moh Targhib, Ketua DPW Riau Ahmad Yahya beserta para pengurus DPW Santani Riau yang telah dilantik. (MCR/DW)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB