Sabtu, 6 Ramadhan 1442 H | 17 April 2021
Wagubri Hadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kampar Peringati HUT Kampar ke-71

BANGKINANG - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menghadiri sekaligus memberikan pengarahan pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar tentang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) atau hari jadi Kabupaten Kampar yang ke-71.

Sidang paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal dengan tema "Basamo Mambolo Nagoghi" di Gedung DPRD Kabupaten Kampar, Sabtu (6/2/2021).

Wagubri mengucapkan, tahniah dan selamat hari jadi Kabupaten Kampar ke-71. Dimana momentum hari jadi Kabupaten Kampar ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya karena saat ini masih dihadapi Pandemi Covid-19.

Ia menuturkan, peringatan HUT Pemerintah Kabupaten Kampar telah menghelat acara dan kegiatan ini sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

"Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti sidang istimewa paripurna DPRD Kampar dalam rangka HUT Kampar ke-71," ujarnya.

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyampaikan bahwa tema HUT Kampar ke-71 Basamo Mambangun Nagoghi ini mengandung makna dan pengertian yang sangat luas.

Yakni Basamo dapat diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu bersama, Mambangun artinya merawat, mengurus dan membangun dan lainnya, sedangkan Nagoghi artinya negeri yakni Kabupaten Kampar.

"Apabila kita gabungkan tiga terminologi itu ke dalam Bahasa Indonesia maka memiliki pengertian bersama merawat negeri," katanya.

Catur menuturkan, dalam perspektif keislaman terdapat kaidah yang telah disepakati oleh ulama yang menyebutkan bahwa nilai yang baik dan merumuskan nilai yang baru dan lebih baik sepertinya menjadi solusi terbaik atas tema HUT Kampar yang ke 71 ini.

Ia berharap melalui tema tersebut dengan keberagaman masyarakat, adat istiadat dan lain sebagainya, sehingga rintangan demi rintangan tersebut dapat diatasi dan dilewati di bawah satu payung panji dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

"Kebhinekaan dan keberagaman kita syukuri sebagai sebuah anugerah dari Allah, kemudian kita jadikan kekuatan untuk merawat dan membangun negeri ini," ujarnya.

Turut hadir dalam sidang tersebut, Anggota DPR RI Dapil Riau Syahrul Aidi Mazaat, Anggota DPRD Kampar, perwakilan Forkopimda Riau, Kepala OPD Kampar, tokoh adat Kampar, tokoh masyarakat Kampar, serta tamu undangan lainnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

3 Bupati, Sambut Kunker Terakhir Pandam I/BB di Kampar

Jumat, 12 Februari 2021 | 17:32:45 WIB

Pemda Diminta Sungguh-sungguh Dalam Pembangunan Daerah

Sabtu, 06 Februari 2021 | 19:29:26 WIB

Kapolda Riau dan Forkopimda Hadiri Khotimil Quran

Kamis, 04 Februari 2021 | 11:24:29 WIB

Danrem Pimpin Syukuran HUT Ke-62 Yonif 132/BS

Jumat, 22 Januari 2021 | 19:31:17 WIB

Ninik Mamak Kampa Gelar Penabalan Datuk Sama Diraja

Jumat, 22 Januari 2021 | 09:07:57 WIB

Wagubri Ajak Poktan di Riau Tingkatkan Inovasi Pertanian

Sabtu, 12 Desember 2020 | 15:22:17 WIB

PLN Bantu 83 Juta Rupiah Untuk Pariwisata Kampar

Kamis, 03 Desember 2020 | 20:28:48 WIB