Rabu, 14 Jumadil Awwal 1444 H | 07 Desember 2022
Kadiskominfotik Riau Hadiri Peluncuran Laporan Tahunan 2020 
Kepala Seksi Jaringan Infrastruktur Teknologi, Informasi dan Statistik Diskominfotik Riau Junaidi mendampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski dalam Laporan Tahunan 2020 secara virtual yang ditaja oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI) di Kantor Diskominfotik Riau, Senin (08/02/2021).

PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski yang didampingi Kepala Seksi Jaringan Infrastruktur Teknologi, Informasi dan Statistik Diskominfotik Riau Junaidi menghadiri Laporan Tahunan 2020 secara virtual yang ditaja oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI) di Kantor Diskominfotik Riau, Senin (08/02/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari menyampaikan peluncuran tahunan mengusung tema "Mengawal Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19". Menurutnya, hal ini merupakan upaya ombudsman untuk mempertanggungjawabkan amanah sekaligus tranparansi kinerja lembaga selama setahun terakhir.

Ia mengungkapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 37 tahun 2008 memberi mandat pada ombudsman untuk menjalankan dua fungsi diantara menyelesaikan pelaporan masyarakat dan pencegahan maladministrasi.

"Penyelesaian laporan masyarakat di tujukan sebagai upaya responsif atas pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh penyelenggara," katanya.

Sedangkan pencegahan merupakan upaya preventif pada kemungkinan terjadi atau berulang nya maladministrasi. Dalam konteks penyelesaian laporan jumlah laporan masyarakat ke ombudsman setiap tahun relatif stabil. Namun, jumlah rekomendasi menurun secara tajam hak ini dikarenakan laporan dapat diselesaikan sebelum tahap rekomendasi.

"Melalui skema tindakan korektif berdasarkan laporan akhir laporan pemeriksaan," tambahnya.

Oleh karena itu, ia menuturkan ombudsman menyampaikan apresiasi kepada para penyelenggara layanan publik yang telah sungguh - sungguh menjalankan tindakan korektif ini. 

"Dalam kurun waktu lima tahun kami melihat kecenderungan baru di mana masyarakat mulai menggunakan saluran pengaduan untuk berkonsultasi,"

Hal ini tentunya membawa hasil yang positif, akan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam merespon pelayanan publik. Untuk itu, ombudsman melakukan penyesuaian diantaranya dengan membuka layanan konsultasi.

Ia menuturkan bahwa pengawasan layanan publik harus berjalan seiring dengan spirit dengan semangat yang sama antara lain dengan profesional dan integritas. Melalui agenda ini mengundang banyak pihak agar mendapatkan masukan sebagai upaya refleksi dan introspeksi.

"Agar ombudsman dapat terus memperbaiki diri," harapnya. (MCR/DW)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Wagubri: Kelompok Remaja Potensial Terjangkit HIV\AIDS

Rabu, 07 Desember 2022 | 15:56:30 WIB

BMKG : Hujan dan Petir Berpotensi Sambangi Wilayah Riau

Rabu, 07 Desember 2022 | 09:40:02 WIB

Realisasi Keuangan APBD Riau 76,64 Persen

Selasa, 06 Desember 2022 | 20:18:42 WIB

Harga Jual CPO dan Kernel Alami Kenaikan

Selasa, 06 Desember 2022 | 15:29:27 WIB

Sah, Dewan Setujui Retribusi Daerah Menjadi Perda

Senin, 05 Desember 2022 | 18:54:12 WIB

Gubri Sampaikan Enam Kebijakan Utama APBN 2023

Senin, 05 Desember 2022 | 17:27:36 WIB

Gubri Ajak Jaga Negeri dari Maksiat, Agar Jauh dari Bencana

Senin, 05 Desember 2022 | 17:18:58 WIB

Selama 2022 Pemprov Riau Keluarkan 42 Izin Perceraian

Senin, 05 Desember 2022 | 12:14:04 WIB

Prakiraan Cuaca BMKG : Hujan Berpotensi Mengguyur Riau

Senin, 05 Desember 2022 | 08:40:09 WIB