Rabu, 16 Jumadil Akhir 1443 H | 19 Januari 2022
Kadiskominfotik Riau Hadiri Peluncuran Laporan Tahunan 2020 
Kepala Seksi Jaringan Infrastruktur Teknologi, Informasi dan Statistik Diskominfotik Riau Junaidi mendampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski dalam Laporan Tahunan 2020 secara virtual yang ditaja oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI) di Kantor Diskominfotik Riau, Senin (08/02/2021).

PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski yang didampingi Kepala Seksi Jaringan Infrastruktur Teknologi, Informasi dan Statistik Diskominfotik Riau Junaidi menghadiri Laporan Tahunan 2020 secara virtual yang ditaja oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI) di Kantor Diskominfotik Riau, Senin (08/02/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari menyampaikan peluncuran tahunan mengusung tema "Mengawal Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19". Menurutnya, hal ini merupakan upaya ombudsman untuk mempertanggungjawabkan amanah sekaligus tranparansi kinerja lembaga selama setahun terakhir.

Ia mengungkapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 37 tahun 2008 memberi mandat pada ombudsman untuk menjalankan dua fungsi diantara menyelesaikan pelaporan masyarakat dan pencegahan maladministrasi.

"Penyelesaian laporan masyarakat di tujukan sebagai upaya responsif atas pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh penyelenggara," katanya.

Sedangkan pencegahan merupakan upaya preventif pada kemungkinan terjadi atau berulang nya maladministrasi. Dalam konteks penyelesaian laporan jumlah laporan masyarakat ke ombudsman setiap tahun relatif stabil. Namun, jumlah rekomendasi menurun secara tajam hak ini dikarenakan laporan dapat diselesaikan sebelum tahap rekomendasi.

"Melalui skema tindakan korektif berdasarkan laporan akhir laporan pemeriksaan," tambahnya.

Oleh karena itu, ia menuturkan ombudsman menyampaikan apresiasi kepada para penyelenggara layanan publik yang telah sungguh - sungguh menjalankan tindakan korektif ini. 

"Dalam kurun waktu lima tahun kami melihat kecenderungan baru di mana masyarakat mulai menggunakan saluran pengaduan untuk berkonsultasi,"

Hal ini tentunya membawa hasil yang positif, akan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam merespon pelayanan publik. Untuk itu, ombudsman melakukan penyesuaian diantaranya dengan membuka layanan konsultasi.

Ia menuturkan bahwa pengawasan layanan publik harus berjalan seiring dengan spirit dengan semangat yang sama antara lain dengan profesional dan integritas. Melalui agenda ini mengundang banyak pihak agar mendapatkan masukan sebagai upaya refleksi dan introspeksi.

"Agar ombudsman dapat terus memperbaiki diri," harapnya. (MCR/DW)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Bangganya Wagubri Saat Panen Padi Lahan Kering

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:57:02 WIB

Eksisting Mangrove di Riau Mencapai 224.895 Hektar

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:19:38 WIB

Ini Jurus Gubri Syamsuar Antisipasi Varian Omicron

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:54:38 WIB

Danrem: Setetes Darahmu, Kesempatan Hidup Bagi Saudaramu

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:19:10 WIB

Kemenag Riau : Belum Ada Pemberhentian Perjalanan Umrah

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:23:39 WIB