Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Bahas Kawasan Industri Halal di Riau, Gubri Audiensi Dengan Pengurus MES Riau

PEKANBARU - Dalam rangka silaturahmi sekaligus membahas terkait kawasan dan potensi industri halal di Provinsi Riau, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menggelar audiensi dengan pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Riau di Ruangan Rapat Kediaman Gubri, Senin (8/2/2021).

Gubri menuturkan, rencana pembangunan kawasan industri khususnya kawasan industri halal di Provinsi Riau sudah menjadi komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang saat ini terus digesa.

Selain itu, kawasan industri halal ini juga disarankan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Maaruf Amin agar Riau segera merencanakan terbentuknya kawasan industri. Adapun pernyataan tersebut disampaikan Wapres ketika ia berkunjung ke Riau tepatnya ke kampus UIN Suska Riau tahun lalu.

"Wapres minta kita membangun kawasan industri halal pada waktu berkunjung ke Riau dulu, sebelum naik pesawat masih diingatkan oleh Sekretaris Wapres terkait ini," ujar Gubri.

Syamsuar menuturkan, pembangunan kawasan industri halal ini tentu melibatkan berbagai pihak. Untuk itu ia mengajak pemangku kepentingan, dunia usaha, akademisi serta pihak-pihak lainnya untuk mendorong terbentuknya kawasan tersebut.

Ia juga menginginkan agar usaha-usaha yang ada di kawasan industri tersebut nantinya memanfaatkan bahan baku atau potensi-potensi yang ada di Riau sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Riau.

"Pemakai barang halal ini paling banyak di Indonesia bahkan dunia, jadi peluang ini harus kita manfaatkan," tuturnya.

Selain itu, Gubri berharap MES Riau dapat merangkul para pengusaha muslim untuk mengambil peran pembangunan kawasan industri halal ini, sehingga mampu mendorong dan memberikan masukan terkait rencana tersebut.

"Mudah-mudahan ada pengusaha muslim kita yang tertarik dengan rencana ini," tuturnya.

Senada dengan Gubri, Ketua MES Riau Profesor Akhmad Mujahidin menambahkan bahwa sebuah kehormatan bagi pengurus MES Riau adanya audiensi dengan Gubri ini meskipun dalam kondisi terbatas karena pandemi Covid19.

Pihaknya mengaku, MES Riau sangat mendukung adanya kawasan industri terutama kawasan industri halal yang menjadi rencana besar dari Pemprov Riau tersebut. Adapun dukungan yang diberikan MES Riau tersebut baik dari sisi akademik maupun dari sisi lainnya sehingga mulai bersinar pembangunan ekonomi berbasis syariah dan menjadikan Riau memiliki branding syariah di masyarakat.

"Pada dasarnya kita sangat mendukung rencana tersebut, kita juga akan melakukan audiensi dengan berbagai pihak membahas hal ini," ujarnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Riau Asrizal, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Riau Helmi, anggota MES Riau serta tamu undangan lainnya. (MCR/IP)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB