Sabtu, 6 Ramadhan 1442 H | 17 April 2021
Duyung Ditemukan Mati di Pantai Dumai
Petugas mengubur dugong yang ditemukan mati di pantai, Kota Dumai

PEKANBARU- Seekor duyung (dugong dugon) ditemukan mati di Pantai Pulai Bungkuk, Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Satwa langka inipun segera dikubur karena sudah menimbulkan bau tak sedap.

Hal ini setelah pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)  mendapat laporan laporan dari warga pada akhir pekan lalu. Bangkai itu ditemukan oleh Djohar Mayuda yang merupakan salah satu karyawan PT. Pelabuhan Mundam Sejahtera.

"Awalnya warga mencium adanya bau tak sedap dan menyengat  di sekitar pantai PT tersebut. Setelah dilakukan pencarian, ternyata ditemukan bangkai yang awalnya diduga bangkai pesut. Kemudian temuan itu dilaporkan ke call center Balai Besar KSDA Riau,"kata  Kepala Bidang BBKSDA Wilayah II, Riau Heru Sutmantoro Selasa (9/2/2021).

Mendapat laporan itu, pagi harinya tim  bersama masyarakat setempat dan KPA Jenggala langsung mendatangi lokasi. Setelah dicek, ternyata bangkai tersebut bukan pesut, akan tetapi duyung. Satwa tersebut sudah mati dan terdampar  kurang lebih  30 meter dari bibir pantai.

"Hasil pengecekan petugas, duyung ditemukan dalam kondisi mati. Panjangnya sekitar 2 meter, lingkar perut 40 cm dan berat sekitar 140 Kg. Penyebab kematian belum diketahui karena ditubuh satwa tersebut tidak ditemukan ada bekas luka atau sobekan jika kena jaring atau baling baling kapal," tandasnya.(MC Riau/ASN)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Pelaku Usaha Kuliner di Dumai Semakin Tumbuh

Jumat, 02 April 2021 | 17:23:31 WIB

Dua Puskesmas di Kota Dumai Diresmikan Wamenkes RI 

Rabu, 24 Maret 2021 | 15:28:05 WIB

KPK : Korupsi Terjadi karena ada Niat dan Kesempatan

Rabu, 03 Maret 2021 | 16:53:13 WIB

Dumai Pelabuhan CPO terbesar di Dunia

Selasa, 16 Februari 2021 | 21:36:21 WIB

Duyung Ditemukan Mati di Pantai Dumai

Selasa, 09 Februari 2021 | 12:57:28 WIB