Senin, 19 Rabiul Awwal 1443 H | 25 Oktober 2021
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU --- Pemerintah Provinsi Riau menargetkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau, sudah memberlakukan e-Office pada tahun ini. Sistem digital ini diyakini akan membantu pemerintah dalam hal pelayanan publik.

"Kami sebelumnya telah menyatakan komitmen untuk membangun Riau digital. Hal ini perlu sebagai bentuk pengembangan paradigma menuju e-government," kata Gubernur Riau Syamsuar belum lama ini.

Syamsuar mengungkapkan, e-Office merupakan salah satu terget yang harus dicapai pada tahun ini, sebagai salah satu bentuk pencapaian Riau Digital. Pemprov Riau, kata dia, menargetkan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau sudah harus e-Office di 2021.

"Kami mengakui dalam kenyataannya, sejauh ini masih banyak OPD di lingkungan Pemprov Riau yang belum melaksanakan e-Office," tutur Syamsuar, Senin (15/2/2021).

Seperti diketahui, e-Office adalah sebutan lain dari kantor elektronik. Istilah ini untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi berbasis komputer untuk pekerjaan kantor.

Teknologi Informasi dan internet sejatinya mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya). 

"Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial pemerintahan," sebut Syamsuar.

Good governance telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. 

Oleh sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menunjang administrasi perkantoran. (MCR/fdl)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Jembatan Pedamaran II Rohil Ditargetkan 2022 Difungsikan

Ahad, 24 Oktober 2021 | 19:43:32 WIB

Dua Hektar Lahan Sawit Dimusnahkan di Giam Siak Kecil

Ahad, 24 Oktober 2021 | 17:39:47 WIB

Komisi Informasi Kunjungi Kanwil Kemenkumham Riau

Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:09:18 WIB