Senin, 20 Safar 1443 H | 27 September 2021
Pemda Diharapkan Dukung Skema Pelaksanaan Vaksinasi Dengan Plan Of Action Distribusi dan Vaksinasi

PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Muhammad Tito Kanarvian berharap kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendukung skema pelaksanaan vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan membuat plan of action (rencana aksi) distribusi dan vaksinasi.

Menurutnya hal yang terpenting pada daerah adalah distribusi dan vaksinasi. Untuk itu distribusi diharapkan dilaksanakan dengan cepat, menjaga rantai dingin atau tempat penyimpanan vaksin, dan pelaksanaan vaksinasi secara cepat dan tepat.

"Dapat dilihat dari target dari Menkes Budi Gunadi Sadikin tadi rencana 1 juta injeksi dilakukan bertahap gelombang pertama seperti petugas nakes, petugas publik dan lansia," katanya dalam rapat rutin monitoring pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara virtual, Senin (22/02/2021).

Untuk itu pimpinan daerah dan pemerintah daerah diharapkan untuk segera melakukan follow up sesuai kepentingan daerah masing-masing yaitu plan of action terkait bagaimana rencana distribusi ataupun rencana vaksinasi dengan menggunakan data bottom up yang mana strateginya dari pemerintah pusat namun pelaksanaannya dimulai dari daerah.

"Sehingga dapat diketahui dimana daerah-daerah yang perlu mendapatkan vaksinasi duluan," ujarnya.

Melalui skema prioritas berdasarkan zonasi ataupun prioritas sasaran yang akan divaksinasi berdasarkan by name by address, sehingga diharapkan juga hasil berdasarkan plan of action ini dapat melandaikan curva atau menurunkan curva penyebaran Covid-19.

Jika ada plan of action berdasarkan data bottom up ini dapat dilihat targetnya yang mana dan sasarannya yang mana agar dapat diketahui jumlah vaksin yang dibutuhkan oleh daerah tersebut yang kemudian dapat disampaikan oleh kepala daerah kepada Kemenkes RI ataupun Kemendagri RI agar pemerintah pusat dapat mengetahui daerah yang telah merencanakan target dan sasarannya dengan data yang lebih detail.

Ia juga mengingatkan kepada pimpinan daerah untuk selalu berkoordinasi dan melibatkan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) serta tokoh-tokoh berkepentingan didaerah masing-masing untuk membantu dalam  pendistribusian vaksin dan pelaksanaan vaksinasi.

"Silahkan koordinasi dengan jajaran kepala daerah, libatkan Forkominda dan tokoh-tokoh daerah masing-masing," pungkasnya. (MCR/DW)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Peralihan Musim

Kamis, 23 September 2021 | 06:28:25 WIB

Pemerintah Komitmen Penuh Berantas Mafia Tanah

Rabu, 22 September 2021 | 17:17:02 WIB

2 Kunci Utama Hidup Damai bersama COVID-19

Senin, 20 September 2021 | 19:41:35 WIB

KKP punya Logo Baru, Ini dia Penampakan dan Filosofinya

Sabtu, 18 September 2021 | 13:22:25 WIB