Jumat, 21 Zulhijjah 1442 H | 30 Juli 2021
Kenali 3 Jenis Vaksin Kucing dan Manfaatnya

PEKANBARU - Bagi anda yang hobi memelihara kucing, jangan lupa untuk memberikan vaksin lengkap untuk hewan. Pasalnya, vaksin bisa meningkatkan daya tahan tubuh si "Meong" dari serangan virus berbahaya. Seperti virus rabies yang juga bisa menjangkiti kucing.  

Vaksinasi yang mujarab sangat dibutuhkan guna menangkis virus yang menyerang hewan peliharaan, sekaligus dapat memberikan rasa aman, untuk majikan yang memelihara hewan kesayangannya. 

Adapun pun jenis vaksin lengkap untuk kucing adalah Vaksin Tricat, Vaksin Tetracat, Vaksin Rabies. Dimana masing-masing jenis Vaksin tersebut di berikan secara bertahap sesuai usia kucing.

Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pekanbaru, drh Kurniawan, mengungkapkan, jika untuk mendapatkan vaksin tersebut, saat ini pemerintah juga sudah menyediakan vaksin lengkap untuk kucing serta hewan peliharaan masyarakat lainya.

"Memang untuk vaksinasi ini belum banyak juga diketahui masyarakat, tapi ini juga penting dan perlu juga diketahui oleh masyarakat yang hobi memelihara hewan. Seperti kucing yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat," katanya, Senin (22/2/2021) kepada mediacenter.riau.go.id di Pekanbaru. 

Ia menjelaskan, adapun fungsi dari beberapa jenis vaksin tersebut adalah, Vaksin Tricat yang fungsinya untuk meningkatkan kekebalan terhadap tubuh kucing dari serangan virus berbahaya. Seperti, Feline calicivirus, Feline panleucopenia dan Feline rhinotracheitis. Vaksin ini merupakan vaksin pertama yang diberikan pada kucing saat berusia 6-8 minggu.

Selanjutnya, Vaksin Tetracat, vaksin ini tujuannya untuk mencegah atau mengobati penyebaran penyakit felina calicivirus, feline panleucopenia, feline rhinotracheitis. Dimana kucing yang terkena penyakit ini bisa dilihat dari gejala ingusan, bersin, mata berair atau banyak kotoran di mata dan tidak selera makan. Vaksin ini diberikan saat kucing berusia pada 10 hingga 12 minggu.

"Terakhir Vaksin Rabies, dimana vaksin ini selain menjaga penularan terhadap manusia juga mencegah penyakit rabies pada hewan peliharaan.

Vaksin ini sangat penting karena virus rabies termasuk berbahaya baik bagi hewan lain maupun pada manusia," katanya.

Lebih jauh kata Kurniawan, untuk penyakit pada hewan ini sekecil apapun jangan sampai disepelekan, karena hewan sangat jauh berbeda dengan manusia. Khusunya terkait daya tahan tubuh.

"Jika hewan peliharaan anda, seperti kucing ini mengalami sakit jangan kasih obat tanpa anjuran dokter hewan, jangan sembarang beli dan kasih obat tanpa dikonsultasikan," ujar Kurniawan, dokter hewan yang membuka praktik di Puskeswan, Jalan Pesantren, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru. 

Ia juga menjelaskan, selain vaksin lengkap hewan peliharaan juga sangat baik dikasih obat cacing secara rutin. Karena ini juga perlindungan untuk  perkembangan pertumbuhan hewan peliharaan.

"Obat cacing ini diberikan 3 bulan sekali dan disesuaikan khusus usia sebelum beranjak remaja," tuturnya.(MC Riau/AZ)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Website Rumah Data Menuju Riau Satu Data Indonesia

Kamis, 29 Juli 2021 | 23:25:51 WIB

Libatkan Napi, Polda Musnahkan 145.58 Kg Sabu 

Kamis, 29 Juli 2021 | 18:00:45 WIB

Berbisnis Sabu, Mantan Polisi Ditembak

Kamis, 29 Juli 2021 | 17:53:41 WIB

Peremajaan Kebun Kelapa di Inhil Tunggu CPCL

Rabu, 28 Juli 2021 | 20:48:39 WIB