Kamis, 4 Ramadhan 1442 H | 15 April 2021
Plh Sekdaprov Riau Ikuti Rapat Sosialisasi PPKM Mikro Secara Virtual 

PEKANBARU - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy mengikuti Rapat Sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro secara virtual di Riau Command Center Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau, Selasa (23/2/2021). 

Staff Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Sugeng Haryono mengatakan, masih banyak daerah di Indonesia yang belum menerapkan PPKM berbasis mikro, padahal itu menurutnya sangat membantu dalam penanganan Covid-19. 

"Memang awalnya pemberlakuan PPKM mikro ini masih terdapat kenaikan kasus yang tinggi, namun setelah minggu ke 3 atau ke 4 akan menunjukkan hasil yang diinginkan, ada yang berupa jumlah kasus menurun, ada yang menunjukkan dengan PPKM mikro ini jumlah kesembuhan semakin tinggi serta ada juga yang angka kematian dan kesembuhannya tetap," jelasnya. 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sebagai tindak lanjut dan instruksi Presiden agar kebijakan PPKM berbasis mikro diperpanjang dan lebih mengoptimalkan Pos Komando (Posko) penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan. 

"Maka Mendagri menetapkan Inmendagri Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19," terang Sugeng. 

Dengan adanya Inmendagri tersebut, Sugeng mengharapkan seluruh Pemerintah Daerah mendirikan Posko ditingkat desa dan kelurahan sebagai bentuk Penanganan Covid-19. 

"Bagi daerah yang belum mendirikan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan segera dirikan dan optimalkan," pungkasnya. 

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, dan Kasatpol PP Provinsi Riau Hadi Penandio. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Mudik di Masa Pandemi, Risikonya Tinggi

Ahad, 11 April 2021 | 16:55:08 WIB

Gubri Tinjau Asrama Mahasiswa Riau di Bogor

Ahad, 04 April 2021 | 18:13:58 WIB

Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Akan Jadi Sejarah

Senin, 22 Maret 2021 | 15:37:19 WIB

Riau Terima Penghargaan di Bidang Kebudayaan

Senin, 15 Maret 2021 | 17:51:34 WIB