Kamis, 21 Rajab 1442 H | 04 Maret 2021
Bahas Usulan Pembangunan Daerah, Gubri Ikuti Rakor Bersama Menteri PPN/Bappenas Secara Virtual

PEKANBARU - Dalam rangka membahas usulan pembangunan di daerah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri rapat koordinasi (Rakor) bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dengan para Gubernur se-Sumatera secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (23/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, setiap Gubernur se-Sumatera mendapatkan kesempatan untuk memaparkan isu-isu strategis yang ada di setiap daerah dan memberikan usulan-usulan yang bisa masuk dalam kategori pembangunan nasional.

Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa menyampaikan, Rakor tersebut untuk mensinkronkan program-program nasional dan di daerah sedemikian rupa, sehingga terbentuk sebuah konvergensi dalam kegiatan pembangunan di masa yang akan datang.

Sehingga dengan demikian menurutnya, belanja negara dalam hal ini kualitas belanja negara menjadi lebih baik dan lebih efektif dan pembangunan tidak hanya menggunakan perspektif nasional khususnya perspektif Jakarta namun juga menggunakan perspektif dari daerah.

"Dengan demikian kita bisa mengefisienkan APBN kita," ujarnya.

Suharso Monoarfa menerangkan, dalam pertemuan bersama gubernur se Sumatera tersebut juga dibahas usulan dari daerah dan dari provinsi tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022. Sebagaimana diketahui, RKP 2022 tersebut tetap mengacu pada tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"RPJM itu setiap tahun akan diturunkan dalam bentuk RKP dengan tujuan untuk pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan nasional," sebutnya.

Kemudian Gubri menambahkan, pihaknya rapat dengan Menteri Bappenas khusus Gubernur se-Sumatera membicarakan berkenaan dengan RKP 2022. Dimana masing-masing provinsi menyampaikan usulan-usulan pembangunan tahun 2022 termasuk Provinsi Riau.

Gubri menerangkan, nantinya akan ada tindak lanjutnya dari rapat tersebut yang nantinya Bappenas akan mengundang dinas terkait agar lebih fokus terhadap prioritas apa saja yang masuk di RKP 2022.

"Di Riau yang diusulkan termasuk ada jalan, ada penahan abrasi dan jalan di daerah pariwisata sesuai dengan batasan yang ditentukan oleh Bappenas," ucapnya.

Dalam Rakor tersebut, Gubri didampingi oleh Kepala Bappdalitbang Riau Emri Juli Harnis, Kadis PUPRPKPP Riau Taufik OH, Kadis Pariwisata Riau Roni Rakhmat, Kadis Perindagkop UMKM Asrizal, Kadis PTPH Riau Syahfalefi, dan lainnya. (MCR/IP)

Video

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Berita Terkait

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB

Gubri Beri Solusi Masyarakat Yang Ingin Buka Lahan

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:12 WIB

Gubri Harap Riau Aman Karhutla dan Covid-19

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:11 WIB

139 Kilometer Abrasi di Riau Sudah Masuk RPJMN

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:09 WIB