Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Mau Lapor SPT Tahunan? Di Rumbai Pekanbaru Ada Relawan Siap Mendampingi
TaX Center Fekon Unilak Pekanbaru yang telah difungsionalkan pada Senin (22/2/2021) lalu.

PEKANBARU - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pekanbaru Senapelan Riau bekerjasama dengan Fakutlas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak) menyediakan layanan asistensi atau pendampingan bagi masyarakat dalam proses pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan orang pribadi. 

Pendampingan ini bisa dilakukan di lingkungan kampus Unilak, Pekanbaru, Riau. Tepatnya berada di Gedung Fakultas Ekonomi, ruang pelayanan gedung TaX Center yang telah difungsionalkan pada Senin (22/2/2021) lalu.

Pada masa pandemi corona saat ini, protokol kesehatan diterapkan di tempat itu. Wajib pajak yang datang musti melakukan cuci tangan dengan sabun, kemudian dicek suhu tubuh. Di ruang berukuran 3x4,  empat orang relawan tampak menggunakan masker siap melayani wajib pajak. 

Rektor Unilak Dr. Junaidi SS.M.Hum menyebutkan, layanan asistensi di Fekon Unilak ini sangat membantu wajib pajak dalam pelaporan SPT. Ia mengajak jajaran pimpinan, dekan, dosen dan pegawai untuk segara melakukan pelaporan SPT Tahunan. 

"Ada baiknya pelaporan SPT di awal-awal agar lebih tenang dan nyaman, masyarakat sekitar Rumbai juga bisa kesini, " ujar Rektor, Selasa (23/2/2021) di Pekanbaru. 

Lebih lanjut Junaidi mengatakan, bahwa, Unilak siap untuk bekerjsama lebih erat, karena Unilak juga telah melakukan MoU dengan kepala Kanwil DJP  beberapa tahun lalu. 

Sementara itu, kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II KPP Pekanbaru Senapelan, Yudi Firmanto menuturkan, di Unilak, sedikitnya ada 20 relawan dari Mahasiswa Unilak yang dilatih untuk melayani pengurusan SPT Tahunan. Sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi untuk relawan-relawan itu. Kemudian, dikukuhkan dan dilakukan pembimbingan. 

"Dijelaskan Yudi, layanan setiap hari kerja, Senin-Jumat, pukul 09.00 hingga pukul 15.00  WIB. Untuk masyarakat khususnya sekitaran Unilak, bahwasanya sekarang kami sudah menyediakan layanan diluar kantor di Tax Center Unilak, silahkan untuk memanfaatkan, jadi tidak perlu jauh jauh ke kantor pajak. Untuk masyarakat Rumbai silahkan ke Unilak, kami siap untuk melakukan bimbingan pelaporan SPT,"  ujar Yudi Rahmanto. 

Dekan Fekon Unilak Dr. Arizal menyebutkan, bahwa pihaknya sangat bangga dan berterima kasih kepada KPP Pekanbaru Senapelan yang telah memberikan kepercayaan untuk membantu mendukung layanan SPT Tahunan. 

"Alhamdulillah Fekon Unilak dipercaya. Kita sangat mendukung sekali untuk melaksankan e-ffeling pajak. Relawan-relawan disini adalah mahasiswa akutansi dan manajemen yang telah mendapatkan pelatihan dan diseleksi, tahun lalu saya lapor disini dan tahun ini juga," ujar Arizal.

(MC Riau) 

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

PJ Sekdaprov Riau Tegaskan ASN Dilarang Mudik Lebaran

Sabtu, 17 April 2021 | 12:53:13 WIB

Personel Satpol PP Siaga di Zona Merah COVID-19

Kamis, 15 April 2021 | 21:21:26 WIB

Pekan Depan Pemprov Riau Mulai Gerakan Cinta Zakat

Kamis, 15 April 2021 | 19:24:02 WIB