Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Rapat Lanjutan Pembangunan Riau, Anggota Komisi V DPR RI Sebut Posisi Riau Sangat Strategis

PEKANBARU - Anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Maazat menyampaikan kegiatan ini merupakan rapat lanjutan beberapa waktu lalu untuk mendiskusikan pembangunan di Provinsi Riau ke depan.

Disampaikannya bahwa posisi Provinsi Riau sangat strategis dekat dengan Selat Malaka dan termasuk wilayah ketujuh terluas di Indonesia. Oleh karena itu, gagasan yang disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar terkait insfratruktur jalan di Provinsi Riau akan disambut. 

"Kita akan bantu untuk mewujudkan Riau dengan visi misinya sehingga kami dari Komisi V akan berusaha mencari celah pembangunan, baik melalui APBN, dibangun langsung oleh kementerian, atau langsung ke daerah," ucapnya.

Terhadap kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan atau jembatan, bisa dilakukan dengan mekanisme hibah jalan. Namun pihaknya mengingatkan hibah jalan ini tidak dibuka untuk seluruh daerah.

"Mudah-mudahan kalau kita seriuskan terkait hibah jalan ini menjadi peluang yang besar terhadap kekosongan anggaran yang telah berkurang akibat pandemi Covid-19 agar dana hibah ini diisi dengan melibatkan provinsi juga daerah yang membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan," jelasnya.

Selain mekanisme pembangunan infrastruktur melalui kelembagaan atau balai di daerah melalui hibah jalan, juga melalui DKA. Yang mana DKA ini akan menjadi perhatian bahwa arah kebijakan infrastruktur itu diantaranya industri dan pariwisata.

"Sehingga fokus Pemerintah itu pada jalan yang menghubungkan pada industri dan pariwisata," lanjutnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan terhadap pembangunan infrastruktur jalan yang ujungnya memiliki destinasi wisata mesti dimunculkan sehingga dapat menjadikan alasan kuat untuk pembangunan infrastruktur jalan oleh pemerintah pusat.

Syahrul Aidi Maazat juga menuturkan bahwa Provinsi Riau termasuk penyumbang besar perekonomian bagi Indonesia, sehingga perlu untuk mendapatkan perhatian. Ia berharap jangan hanya memperhatikan super prioritas tapi juga harus memperhatikan yang lainnya.

Untuk itu, pihaknya selaku wakil rakyat masyarakat Riau juga akan terus berjuang untuk menjembatani serta membantu dan memberikan informasi untuk pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau kedepannya.

"Mudah-mudahan kedepannya dapat lebih baik lagi," tutupnya. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB