Senin, 20 Safar 1443 H | 27 September 2021
Gubri Harapkan Kemandirian Pangan di Daerah Dengan Manfaatkan Lahan

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengharapkan adanya kemandirian pangan di seluruh daerah di Riau dengan memanfaatkan lahan yang ada di wilayah masing-masing.

Hal ini dikarenakan hampir seluruh dunia termasuk Provinsi Riau masih dilanda Pandemi Covid 19, yang mengakibatkan beberapa negara kekurangan pangan. Untuk itulah program ketahanan pangan ini sebagai wujud tanggap pemerintah terhadap hal tersebut.

"Pandemi ini mengajarkan kita untuk cerdik memanfaatkan lahan, lahan kita ini masih cukup untuk menanam," ucap Gubri di UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Riau, Minggu (28/02/2021).

Oleh karena itu, Gubernur Syamsuar juga berharap seperti Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dan penyuluh swadaya untuk mencerdaskan para petani untuk memanfaatkan lahan agar di semua wilayah Provinsi Riau memiliki kemandirian pangan.

"Kami juga memberikan target kepada dinas-dinas bagaimana untuk membangkitkan semangat terhadap ketahanan pangan ini harus di dukung penuh artinya ketahanan ini terkait irigasinya, benih atau pupuk ini harus diperhatikan," kata Gubri.

Pihaknya percaya jika pemerintah bersama organisasi seperti KTNA, Gapoktan, kelompok kerja yang berhadapan langsung dengan petani dapat memberikan improve terhadap persoalan di daerah yang dapat dihadapi bersama. Sehingga secara bertahap kekurangan-kekurangan pangan untuk di Provinsi Riau dapat dihadapi secara bersama.

"Semoga ini menjadi perhatian kita bersama dan hajat kita untuk memajukan pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan dapat di wujudkan," harapnya. (MCR/DW)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Gubri Buka Kejurda Sepak Bola U-16

Senin, 27 September 2021 | 10:18:52 WIB

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB