Kamis, 4 Ramadhan 1442 H | 15 April 2021
Gubri Tanam Pohon Geronggang di Pantai Wisata Raja Kecik

BENGKALIS - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Syahrial Abdi melakukan penanaman pohon geronggang di Pantai Wisata Raja Kecik Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (2/3/2021).

Penanaman pohon geronggang di pantai tersebut merupakan salah satu upaya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) untuk mengatasi abrasi. Ia bercerita yang mana pada awalnya penanaman budidaya pohon geronggang tersebut sebelum ia menjadi Gubernur Riau tapi saat itu masih menjadi Bupati Siak.

"Awal penanaman geronggang ini sudah lama sebenarnya, waktu itu saya masih jadi Bupati Siak," kata Syamsuar.

Senada dengan itu Perwakilan LSM IPMPL Kusmayadi yang juga selaku ketua panitia pelaksana juga menyampaikan bahwa awal budidaya pohon geronggang waktu itu Gubri Syamsuar belum menjadi Gubernur namun baru sebagai calon Gubernur.

"Kami masih ingat waktu itu awal budidaya pohon gelonggang ini Pak Gubernur kita yang sekarang ini belum jadi Gubernur tapi baru calon tapi alhamdulillah sekarang beliau datang kesini lagi dan menanam pohon gelonggang lagi," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini pohon gelonggang sudah termasuk sebagai tanaman hutan budidaya, menurutnya kayu gelonggang yang dibudidayakan tersebut mampu mencegah kebakaran hutan dengan cara menanam pohon gelonggang di hutan.

"Pohon gelonggang ini sudah kami tamam dan sudah beso (besar, red) hari ini, yang ditanam pak Gubernur waktu itu pun udah beso dan sudah tinggi pas sama sama menanam waktu itu," pungkasnya.

Menurut penuturannya, tanaman tersebut tidak akan tumbang. Sebab tanaman tersebut, jika dirawat dengan baik dan diharapkan mampu mencegah terjadi kebakaran hutan. (MCR)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Gubri Tinjau Vaksinasi Covid-19 Massal di Bengkalis

Rabu, 07 April 2021 | 17:36:59 WIB

Foto: Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla

Senin, 22 Februari 2021 | 19:58:48 WIB

KLHK - PWI Riau Bangun Hutan Komunitas Wartawan

Rabu, 10 Februari 2021 | 18:59:19 WIB

Di Riau HPN 2021 Digelar di Pulau Terluar Dekat Malaysia

Selasa, 09 Februari 2021 | 10:40:16 WIB

Kreatif, Biji Getah Diolah Jadi Produk Unggulan

Ahad, 24 Januari 2021 | 10:40:45 WIB

Bengkalis Terima 1.000 Vial Vaksin Corona

Kamis, 21 Januari 2021 | 08:26:57 WIB