Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Gubri Beri Solusi Masyarakat Yang Ingin Buka Lahan

BENGKALIS - Agar tidak terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberi solusi serta menyosialisasikan Excavator milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kepada masyarakat yang ingin membuka lahan.

"Salah satu solusi yang kami buat, pertama adalah cara yang terbaik itu jangan mengolah lahan dengan cara membakar," kata Syamsuar di Pantai Raja Kecik Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (2/3/2021).

Maka dari itu Pemprov Riau telah menyediakan alat pertanian berupa Excavator yang saat ini ditempatkan di enam UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin membuka lahan, silahkan menghubungi Dinas PUPR Provinsi Riau. Terkait hal ini, pihaknya sudah membahas agar excavator milik Pemprov Riau ini bisa membantu masyarakat yang ingin mengelola lahan.

"Sekarang pemerintah sudah menyiapkan itu, kita (Pemprov, red) melarang membuka lahan dengan cara membakar. Kita juga memberi solusi kepada masyarakat yang ingin membuka lahan yaitu menggunakan Excavator milik Pemda Provinsi," jelasnya.

Dengan demikian selain masyarakat terbantu juga dengan penggunaan Excavator tersebut untuk mengelola lahan, penggunaan alat pertanian tersebut juga telah membantu Pemprov Riau dalam mengatasi Karhutla di Provinsi Riau.

"Excavator kami siapkan dan kami kerjakan, semoga dengan ini dapat membantu masyarakat kita yang ingin mengelola lahannya dan Pemerintah Provinsi Riau juga terbantu dalam mengatasi Karhutla," pungkasnya. (MCR)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB