Kamis, 4 Ramadhan 1442 H | 15 April 2021
Asisten III Setdaprov Riau Buka Pembekalan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Sesuai UU No 25 Tahun 2009

PEKANBARU - Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Syahrial Abdi membuka pembekalan kepatuhan standar pelayanan publik sesuai undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (4/3/2021).

Syahrial Abdi menyampaikan bahwa agenda yang dilakukan oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana Setdaprov Riau merupakan bentuk kepedulian dari Ombudsman Perwakilan Riau. Yang mana ombudsman perwakilan Riau ini nantinya akan melakukan penilaian kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Makanya itu yang jadi atensi kita, beliau (pihak Ombudsman Perwakilan Riau) yang minta, karena beliau akan melakukan penilaian kepada seluruh satuan organisasi kita yang melakukan pelayanan publik yang semua lingkup pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov kabupaten dan kota," katanya.

Oleh karena itu, Syahrial Abdi menuturkan sebagai organisasi pelayanan publik  juga perlu dilakukan penilaian. Sebagai bentuk pengawasan terhadap pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat khususnya di Pemprov Riau.

"Harus ada yang mengawasi, harus ada yang memberikan apresiasi sekaligus memberikan sanksi bagi pelaksanaan pelayanan publik dalam bentuk penilaian," lanjutnya.

Ia mengungkapkan dari pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman ini akan menjadi ini standar ukuran terhadap pelayanan publik yang dilakukan untuk masyarakat. Terkait apakah efektivitas pelayanan selama ini cukup baik atau tidak.

Selanjutnya, ia mengungkapkan bahwa penilaian yang akan dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Riau ini pada pertengahan tahun 2021 ini nantinya akan dimulai pada bulan April, Mei, dan Juni. 

"Penilaian yang dilaksanakan nanti mulai pertengahan tahun ini mulai bulan April Mei Juni hari ini beliau datang ingin memberi aba-aba lah sama kita, memberi tunjuk ajar sama kita apa kira-kira nanti yang menjadi fokus dari penilaian akan dilakukan oleh ombudsman kepada kita," ujarnya.

Pihaknya berharap melalui agenda ini bisa saling menjaga komitmen untuk bisa meningkatkan serta publish ke depannya agar masyarakat juga dapat mengetahui kinerja Pemprov Riau.

"Semoga ini menjadi komitmen kita bersama untuk lebih bisa mempublish (terbuka) untuk kedepannya sehingga masyarakat juga dapat mengetahui kinerja pemerintah provinsi Riau sesungguhnya," tuturnya.

Turut hadir dalam agenda tersebut Ketua Ombudsman Perwakilan Riau Ahmad Fitri didampingi Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman Bambang Pratama dan staf, Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Setdaprov Riau Kemal, serta sekretaris OPD di lingkungan Pemprov Riau. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Kepala Disnakertrans Beberkan Besaran THR Buruh

Rabu, 14 April 2021 | 18:02:43 WIB

Begini Cara Perpanjang SIM Online Melalui Aplikasi SINAR

Selasa, 13 April 2021 | 21:15:43 WIB

Wagubri Hadiri Lauching Aplikasi SINAR Secara Virtual

Selasa, 13 April 2021 | 17:50:43 WIB

Inilah Lokasi Tiga Kantor Samsat Baru di Riau

Selasa, 13 April 2021 | 16:09:38 WIB

Alhamdulillah, Harga Sawit Naik Jadi Rp2.358,00 per Kg

Selasa, 13 April 2021 | 15:42:38 WIB

Cegah Kerumunan, Gubri Tak Lakukan Safari Ramadan

Selasa, 13 April 2021 | 11:54:26 WIB