Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Ini Keperluan Petugas Karhutla di Lapangan

PEKANBARU - Danrem 031/Wira Bima (WB) yang diwakili oleh Kasi Operasi (Ops) Letkol Inf Joko Suryono menyampaikan bahwa terdapat dua poin keinginan dari petugas pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di lapangan.

Letkol Inf Joko Suryono menyebutkan, dua hal tersebut yang diperlukan petugas dalam menangani Karhutla adalah masalah keamanan personil dalam bertugas, kemudian adalah kecepatan.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkopimda) Kabupaten/Kota se Riau terkait pengendalian Karhutla di Provinsi Riau secara virtual, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (8/3/21).

"Dasbor Lancang Kuning dari Polda Riau sangat membantu anggota dengan cepat segera bisa merespon terjadinya Karhutla, namun kami ingin menyampaikan dua poin yang dibutuhkan petugas di lapangan," katanya.

Ia menerangkan, pihaknya meminta bantuan dari bupati/wali kota dalam rangka kecepatan menuju ke lapangan yang mana dibutuhkan alat angkut, baik dalam rangka meninjau maupun kendaraan roda empat double cabin untuk membawa mesin genset ke lapangan.

"Karena anggota butuh kendaraan yang cepat, yang kedua kendaraan roda empat double cabin untuk membawa mesin genset," tuturnya.

Kasi Operasi (Ops) Danrem 031/WB ini menambahkan, untuk masalah keamanan bagi personel, selama di lapangan petugas membutuhkan masker yang benar-benar bisa safety karena petugas di lapangan hanya memanfaatkan masker ala kadarnya.

"Kita tidak ingin karena keterbatasan masker, sehingga anggota kita sakit," ucapnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan peralatan lainnya sepatu boot yang tahan api karena daerah yang dilalui lahan gambut kadang yang diinjak petugas langsung amblas.

"sepatu boot yang tahan api termasuk sarung tangan tahan api," tutupnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB