Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Gubri Harapkan TMC Dapat Kurangi Perluasan Karhutla di Riau

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengharapkan Teknologi Modifikasi Cuasa (TMC) dapat mengurangi peluasan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. 

Hal tersebut disampaikannya saat diwawancarai usai rapat koordinasi (Rakor) bersama Forkompinda kabupaten dan kota se-Provinsi Riau secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (8/3/21).

"Mudah-mudahan dengan ada dukungan tadi termasuk juga TMC, diharapkan dapat mengurangi peluasan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau ini," katanya.

Untuk itu, Gubri mengungkapkan melalui rapat yang disampaikan terkait arahan-arahan Presiden RI yang harus jadi perhatian khususnya di Provinsi Riau, hal tersebut agar bisa mengendalikan Karhutla yang ada di Provinsi Riau.

Syamsuar juga berharap dengan arahan dari Presiden RI dan TMC bencana darurat asap di Provinsi Riau tidak terjadi lagi. Ia menambahkan persediaan alat penanganan Karhutla diadakan di masing-masing kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

"Untuk alat akan diadakan masing-masing di kabupaten ,kemudian bantuan dari kita (Pemprov Riau, red), bantuan dari BNPB, serta bantuan partisipasi dari perusahaan yang ada di Riau ini," ucapnya.

Sedangkan untuk persediaan helikopter di Riau saat ini sudah ada dua helikopter. Ia juga mengatakan rencananya akan datang satu helikopter bantuan dari BNPB RI hari ini.

"Kemudian nanti tanggal 10 Maret nantinya pesawat cassa TNI yang khusus di TMC," tutupnya. (MCR/JD)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB