Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
FKIP Unilak Dirikan PAUD, Fasilitas Nyaman dan Bersih

PEKANBARU - Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning (unilak) Pekanbaru, Riau, mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terpadu yang diberi nama Unilak Golden  School (UGS). 

PAUD terpadu ini telah diresmikan opersionalnya pada, Kamis (18/3). Dikelola di bawah program studi Pendidikan Guru (PG) PAUD FKIP Unilak. Memiliki fasilitas tempat penitipan anak, kelompok bermain, dan taman kanak kanak.

PAUD terpadu Unilak Golden School berada di komplek Unilak. Lokasinya di tepat samping gedung klinik kesehatan, tidak jauh dari jalan Umban Sari, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Memiliki bangunan seluas 12x10 meter.

PAUD ini dilengkapi sarana dan prasarana sangat nyaman, bersih dan memadai, diantaranya dua kamar tidur AC, ruang anak bermain, pantry (dapur), dua toilet pria dan wanita yang terpisah, serta halaman bermain. 

Tidak hanya itu, pelayanan yang diberikan PAUD terpadu ini juga menerapkan protokol kesehatan, tersedia fasilitas mencuci tangan, pengukur suhu, dan staf pengajar merupakan lulusan sarjana PG PAUD FKIP Unilak.

Peresmian Paud Terpadu UGS dilakukan oleh wakil rektor I Unilak Zamzami.S.Kom.M.Kom, dihadiri wakil rektor II Hardi SE.MM, wakil rektor III Dr. Bagio Kadaryanto.SH.MH, Dekan FKIP Unilak Dr. Herlinawati, Dekan Fasilkom, Dekan FIA, Wakil Dekan, dosen dan kepala lembaga di Unilak.

Peresmian ditandai dengan pembukaan papan nama UGS, dilanjutkan dengan doa bersama demi kelancaran dan keberhasilan PAUD UGS Unilak. 

Melalui keterangan resminya Zamzami mengatakan, PAUD terpadu UGS Unilak, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh civitas akademika dan masyarakat sekitar Rumbai. 

"Alhamdulillah, setelah lama direncanakan dan akhirnya FKIP mendirikan PAUD terpadu dan menjadi unit usaha dari fakultas. Ini adalah terobosan baru dari FKIP, dan patut diapresiasi, karena telah bertungkus lumus mendirikan PAUD terpadu. Kedepannya Unilak terus berencana membuka unit usaha lainnya," ujar Zamzami, Jumat (19/3/2021) di Pekanbaru. 

Zamzami berharap, setiap fakultas di Unilak bisa berinovasi membuka unit usaha. "Saya mengimbau kepada dosen dan karyawan untuk menitipkan anak ke Paud UGS. Jika terus berkembang tentunya terbuka kemungkinan untuk membuka SD. Tidak itu saja, dengan adanya PAUD Terpadu ini semoga dapat meningkatkan akreditasi Program Studi PG PAUD FKIP dari B ke akreditasi A," ujarnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Dr. Herlinawati mengatakan, niat untuk mendirikan PAUD terpadu ini, kedepanya akan menjadi Laboratorium School Unilak. Ia menginginkan UGS bisa dikembangkan kedepannya.

"Saat ini masih tempat penitipan anak, dan nanti akan bergerak kepada Taman Kanak Kanak. Harapan kita nantinya ada SD, SMP, dan SMA, yang dimiliki Unilak," ujarnya. 

Lebih lanjut Dr. Herlinwa menjelaskan, bahwa alasan FKIP Unilak mendirikan PAUD UGS karena kebutuhan internal Unilak. Saat ini dosen dan pegawai banyak usia produktif yang memiliki anak dan pegawai bisa memanfaatkan PAUD ini. "Dosen dan pegawai bisa bekerja dengan tenang dengan menitipkan anak disini," ujarnya. 

Saat ini Prodi PG PAUD FKIP Unilak sangat mempuni, Program Studi PG PAUD Unilak menjadi satu satunya program studi PG PAUD di Riau yang berakreditasi B. Harapannya dengan berdirinya ini bisa berkareditasi A. Beberapa dosen FKIP Unilak adalah asesor PAUD untuk Riau. 

"Berdirinya PAUD ini telah diinisiasi sejak almarhum Dekan FKIP pak dahler, semoga ini menjadi ladang amal beliau," Herlina mengungkapkan. 

Disebutkanya lagi, berdirinya PAUD UGS ini menjadi bukti bahwa FKIP Unilak terus berupaya meningkatkan SDM mahasiswa FKIP. Dengan lahirnya UGS bisa menjadi promosi bagi FKIP khususnya dan Unilak pada umunya. "Berdirinya PAUD UGS ini sejalan dengan visi FKIP dan Visi Unilak," tutur Herlina. 

Sementara itu, Ketua Badan Akreditasi Nasional PAUD Riau, Dian Masriah mengatakan bahwa ia sangat mendukung hadirnya PAUD UGS. Sejak dari awal ia mengetahui proses pendirian PAUD tersebut.

"Disini (Unilak) ada program studi PG PAUD, dan juga banyak dosen FKIP Unilak yang aassesor. Artinya mereka pakar-pakar yang mempuni di bidang PAUD. Secara teori mereka sudah khatam dan mereka tinggal mempraktekkan ilmu yang didapatkan, kemudian bisa diaplikasikan di PAUD UGS ini," ujarnya

"Kami mempunyai harapan besar PAUD UGS menjadi trendsetter bagi pendidikan anak usia dini khususnya di Riau. Kita berharap bisa membumi masuk ke kancah nasional. Untuk fasilitas saya lihat untuk perdana ini sudah luar biasa, seiring berjalan waktu saya yakin percaya ini bisa diterapkan. Ada dosen, ada mahasiswa yang bisa diaplikasikan ilmu disini," tandasnya.

(MC Riau/Yan) 

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Terima Bonus Belasan Milyar, Inilah Tekad Leani Ratri Oktila

Senin, 20 September 2021 | 08:38:15 WIB

Gubernur Riau : Kesuksesan Leani Ratri Bawa Semangat Baru

Ahad, 19 September 2021 | 18:38:14 WIB

Humas Polda Riau dan WPMR Bagikan 250 Paket Sembako

Ahad, 19 September 2021 | 09:46:38 WIB