Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Gubri Hadiri Pertemuan Dengan Deputi Pencegahan KPK Perihal Kebijakan Satu Peta

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menghadiri pertemuan dengan Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI perihal percepatan implementasi kebijakan satu peta khususnya kompilasi data izin lokasi dan izin usaha perkebunan sawit secara virtual di Kediaman Gubri, Jumat (19/3/2021).

Gubri menyambut baik pertemuan tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat bagus dalam rangka mempercepat kebijakan satu peta di Riau, sekaligus menambah pengetahuan Pemprov Riau dalam rangka mewujudkan kebijakan tersebut sesuai dengan aturan yang ada.

"Terimakasih atas waktunya hadir dalam pertemuan ini, nanti kami akan minta petunjuk dari Deputi Pencegahan KPK RI," ujarnya.

Selanjutnya Kepala Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK RI, Pahala Nainggolan menyampaikan, pertemuan tersebut dalam rangka menciptakan implementasi satu peta di Indonesia. Dimana tujuan utama aksi ini adalah adanya satu peta secara nasional.

Ia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018 tentang strategi nasional pencegahan korupsi adalah salah satu upaya percepatan implementasi kebijakan satu peta. 

"Untuk Provinsi Riau pilot projectnya ada di 10 kabupaten/kota fokus pada data-data izin lokasi dan izin perkebunan usaha sawit," tuturnya.

Pahala Nainggolan menuturkan, rencana aksi ini setiap enam bulan dilaporkan kepada Presiden RI apakah rencananya aksinya maju atau tidaknya serta bagaimana perbaikannya pada izin usaha.

Ia menyebutkan, rencana aksi ini telah dilaksanakan di Kalimantan Tengah sejak tiga tahun terakhir dan progresnya sudah bagus. Kemudian, setelah itu dipilih kembali empat provinsi yang potensial dalam artian potensial menarik investor maupun sumber daya alamnya.

"Jadi terpilihlah Riau dan beberapa daerah lainnya adalah Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Papua," ujarnya.

Kepala Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK RI ini berharap setelah rapat terbatas dengan Gubri, nantinya juga akan dilaksanakan rapat membahas hal ini dengan Kepala Daerah se Riau sehingga kebijakan ini segera terealisasi di Riau.

Turut hadir mendampingi Gubri dalam acara tersebut, Kepala Inspektorat Provinsi Riau Sigit Juli Hendriawan, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis, dan lainnya. (MCR/IP)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB