Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021
Sektor Riil Jadi Penopang Perekonomian di Masa Pandemi 

PEKANBARU - Ketua Umum DPN IKAPTK Akmal Malik mengatakan bahwa sektor riil dinilai menjadi penopang perekonomian di masa krisis akibat pandemi Covid -19. 

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah memberikan efek negatif multisektoral baik kesehatan, sosial, ekonomi dan keuangan. Namun aktivitas ekonomi harus terus berjalan dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan. 

"Sektor riil lah yang akan bisa menjadi penopang ekonomi kita untuk keluar dari krisis pandemi Covid-19," katanya usai melantik DPP IKAPTK Provinsi Riau periode 2021-2026 di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (27/3/21). 

Dikatakan Akmal Malik, berkaca dari krisis moneter pada 1998 yang lalu, peran sektor riil lah yang membuat Indonesia bisa keluar dari krisis. Bukan tidak mungkin jika dengan memberikan perhatian terhadap sektor riil juga bisa membuat Indonesia keluar dari krisis di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa kali bahwa kita harus dorong agar sektor-sektor riil tumbuh dan menajdi jawaban atas persoalan-persoalan yang timbul akibat dampak covid 19, yang dimaksud sektor riil yakni UMKM," jelasnya. 

Kebijakan Pemerintah Pusat bahwa ke depan program-program prioritas transfer ke daerah akan dipilih dan lebih selektif, bertujuan untuk   memberikan dampak yang baik terhadap pertumbuhan ekonomi. Untuk menjawab tantangan tersebut, diungkapkannya dengan mengembangkan sektor riil lah persoalan tersebut bisa diatasi. UMKM meski dipandang kecil tetapi memiliki dampak yang sangat luar biasa. 

"Jangan hanya menunggu transfer pusat ke daerah, kedepan transfer dari pusat akan lebih selektif. Tidak ada pilihan lain kita harus bergerak, sebagai birokrat IKAPTK tidak boleh kita hanya sekedar menjadi pelayan saja, kita juga harus menjadi contoh bagaimana menggerakan UMKM," ujarnya. 

Dengan terpilihnya Asrizal sebagai Ketua DPP IKAPTK Provinsi Riau periode 2021-2026, Akmal Malik berharap sektor UMKM bisa dikembangkan di daerah Riau yang dinilai bisa menjawab persoalan krisis ekonomi saat ini. 

"Pas sekali Asrizal merupakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdaganagan, Koperasi dan UMKM terpilih sebagai Ketua DPP IKAPTK Provinsi Riau, diharapkan bisa mengembangkan sektor UMKM di Riau yang kemudian bisa menjadi jawaban perekonomian di tengah pandemi Covid-19," pungkasnya. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:55:02 WIB

Pengurus IAKMI Riau Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:53:11 WIB