Sabtu, 26 Jumadil Akhir 1443 H | 29 Januari 2022
Bahas Corporate University, Gubri Terima audiensi dengan DPD APWI

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menerima audiensi dengan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPD APWI) Provinsi Riau membahas Corporate University (Corpu) untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Riau yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Riau, Senin (29/03/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Gubri didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau Joni Irwan dan turut hadir Ketua DPD APWI Provinsi Riau Surya Arfan beserta rombongan DPD APWI Riau.

Gubri menyampaikan bahwa pihaknya mendukung program Corpu yang akan dilaksanakan oleh APWI Provinsi Riau ini. Karena, terangnya saat ini dihadapkan dengan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bekerja profesional dan berkompeten.

"Karena saat ini kita dihadapkan tidak boleh terus bergantung pada APBN atau APBD, apa lagi dengan adanya Pandemi Covid-19,  karena kapan pun akan ada recofusing anggaran. Namun, apa kita akan berhenti membangun, karena itu kita tidak bisa terus bergantung (pada APBN/APBD) seperti ini," kata Gubri.

Menurutnya, pemerintah harus terus melakukan pembangunan namun dengan cara yang berbeda. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya mengatakan mendapatkan inspirasi setelah melakukan kunjungan beberapa waktu lalu dengan Bappenas RI untuk tidak bergantung kepada APBN atau APBD.

"Sekarang pemerintah menyiapkan dengan pola hibah, misalnya ada jalan provinsi, maka kita kerjakan dulu walaupun uang nya tidak ada tapi tetap dengan persetujuan Bappenas baik kualitas maupun standarnya setelah dibangun uangnya akan diganti oleh APBN," ucapnya

Ia berpendapat juga banyak hal yang ditawarkan untuk pembangunan daerah seperti pola Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU), atau pola pinjaman daerah atau juga hibah internasional. Untuk itu, pihaknya berharap bahwa pemerintah harus belajar cerdik terhadap persoalan ini.

"Karena semua negara tidak tahu kapan ekonomi akan pulih akibat pandemi covid-19 ini, untuk itu dibutuhkan SDM yang mampu bekerja keras, profesional dan berkompeten," 

Gubri juga menuturkan bahwa  saat ini juga merupakan industry 4.0 untuk itu Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk memahami digitalisasi. Apalagi melalui corpu ini sebagai sarana untuk pengembangan, pengetahuan dan pembelajaran baik secara individu maupun organisasi.

Sementara itu, Ketua DPD APWI Riau, Surya Arfan menyampaikan agenda audiensi ini juga sebagai silahturahmi sekaligus mensosialisasikan program yang akan diselenggarakan oleh APWI Riau yaitu Corporate university. 

"Dimana pendekatan pembelajarannya secara individu dan organisasi," tuturnya.

Ia juga menjelaskan melalui corpu ini juga terhadap hal yang akan diajarkan kepada para peserta untuk meningkatkan kompetensi organisasinya sehingga adanya link and match untuk pengembangan kompetensi ASN. 

"Ini merupakan kerja besar, kita akan melakukan secara bertahap," ungkapnya. (MCR/DW)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Peran PPJB Sangat Penting Dalam Menunjang Pembangunan

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:48:47 WIB

Gubernur Riau Ajak Guru Untuk Ikuti Vaksinasi Booster

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:50:37 WIB

Gubernur Riau Luncurkan Film dan Buklet Lentera Harapan

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:00:51 WIB

Silaturahmi Dengan Pendeta, Gubri: Mari Saling Membantu

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:36:46 WIB