Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution membuka rapat koordinasi (rakor) pengawasan intern keuangan dan pembangunan tingkat Provinsi Riau Tahun 2021, di Kantor BPKP Provinsi Riau, Selasa (30/03/21).

Dalam sambutannya, Wagubri menyampaikan telah genap setahun Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun sosial. 

Oleh karena itu, ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menetapkan kebijakan dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi dan sosial selama masa pandemi.

"Di antaranya menetapkan bantuan keuangan bersifat khusus kepada kabupaten atau kota," kata Wagubri.

Selain itu ada juga bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) bagi pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19 yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau.

Kemudian dari sisi sektoral, Wagubri menuturkan bahwa Pemprov Riau juga telah menetapkan struktur APBD Tahun 2021 yang terbagi dalam alokasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan dengan total nilai sebesar Rp9,19 triliun. 

"Sedangkan, untuk pengalokasian pemulihan dampak ekonomi akibat Covid-19 ditetapkan sebesar dua triliun melalui pengembangan sektor industri, pertanian, pariwisata, insfratruktur dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, serta pengembangan SDM," ucapnya.

Menurutnya, dengan luasnya cakupan program dan besarnya dana yang dialokasikan tersebut, untuk itu diperlukan strategi pengawalan yang tepat untuk memastikan  tata kelola yang baik serta dalam rangka memitigasi resiko kegagalan program.

"Untuk itulah, peran pengawasan oleh aparat pengawasan intern menjadi sangat urgent dilakukan," tuturnya.

Turut hadir Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia, Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Herry Muryanto, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Sistem Tata Kelola Pemerintah Daerah Bea Rejeki Tirtadewi, Inspektur III Inspektorat Jenderal Kemendagri Elfin Ilyas, Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi, Kepala BPKP Provinsi Riau Farid Firman, dan undangan lainnya. (MCR/DW)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Naik Lagi, Berikut Daftar Lengkap Harga Sawit di Riau

Selasa, 23 November 2021 | 11:54:41 WIB

Alhamdulillah, Harga Sawit Naik dan Pecah Rekor

Selasa, 23 November 2021 | 11:46:04 WIB

Iven ICCF 2021 Digelar di Riau, UMKM Antusias

Sabtu, 20 November 2021 | 15:45:07 WIB

Diskes Ingatkan Calon Jamaah Umroh Riau Segera Vaksin

Rabu, 17 November 2021 | 19:04:30 WIB