Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Pj Sekdaprov Riau Resmikan SKK Migas Chevron Corner di Museum Sang Nila Utama 

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy meresmikan SKK Migas Chevron Corner di Museum Sang Nila Utama, Selasa (30/3/2021). 

Dikatakannya, kehadiran pojok informasi atau SKK Migas Chevron Corner di tengah masyarakat Riau merupakan salah satu sarana memperkaya ilmu pengetahuan khususnya dalam kegiatan industri migas di daerah operasi Blok Rokan. 

"Melalui SKK Migas Chevron Corner ini nantinya kita dapat memperoleh informasi mengenai asal mula minyak dan gas bumi," jelasnya. 

Selain itu, melalui pojok informasi tersebut juga masyarakat bisa mengetahui industri hulu dan hilir minyak dan gas bumi, klasifikasi minyak mentah, teknik perolehan minyak bumi, Peta Operasi Migas di Sumatera Bagian Utara, hingga sejarah PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang sudah ada di Indonesia sejak 97 tahun yang lalu. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, kami mengucapkan terimakasih atas sarana edukasi yang telah diupayakan oleh SKK Migas dan PT CPI untuk mencerdaskan generasi muda dalam kegiatan industri migas di daerah operasi Blok Rokan," terangnya. 

Melakui kesempatan itu, ia berharap semua pihak mempunyai kesamaan persepsi untuk memajukan daerah dan pembangunan pada sektor kegiatan hulu dan hilir migas, sehingga potensi sumber daya alam minyak dan gas bumi yang berlimpah dapat dimanfaatkan untuk kemajuan daerah. 

Di lain pihak, Manajemen PT CPI, Budianto Renyut mengucapakan terimaksih kepada Pemprov Riau atas segala kesempatan dan dukungan yang telah diberikan. 

Budianto mengatakan, SKK Migas Chevron Corner sebenarnya sudah berdiri sejak awal tahun 1990. Selama hampir 30 tahun corner ini menjadi bagian dari Museum Sang Nila Utama sebagai sarana edukasi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk mengenal industri migas. 

Dengan beralih kelolanya Blok Rokan dari PT CPI ke Pertamina pada Agustus 2021 mendatang, maka seluruh upaya dan hasil karya yang sudah dicapai dan dilaksanakan selama 97 tahun akan menjadi warisan berharga dan bermanfaat bagi masyarakat Riau. 

"Kami berharap SKK Migas Chevron Corner ini dapat menjadi salah satu sarana pengingat bahwa Chevron merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah Riau serta kami tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat Riau," pungkas Budi. (MCR/NV)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Pekanbaru dan Dumai Terima Penghargaan TPID Award 2021

Kamis, 16 September 2021 | 14:41:57 WIB