Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Dukung 'Riau Hijau', Kadis LHK Panen 2 Ton Kompos

PEKANBARU- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau Mamun Murod melakukan panen perdana 2 ton pupuk kompos, di Kawasan Konservasi Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH) Minas, Kamis (1/4/21).

"Hari ini merupakan panen perdana kurang lebih sebanyak 2 ton kompos. Direncanakan, produktifitas bisa meningkat sehingga bisa menjadi sumber pengadaan pupuk untuk masyarakat," kata Murod.

Murod menambahkan, pembuatan pupuk kompos ini dalam rangka pemanfaatan sampah organik yang bersumber dari serasah di wilayah KPH MT, kawasan konservasi Tahura. Kemudian, sampah organik itu diolah menjadi kompos yang bermanfaat secara ekonomi dan lingkungan.

"Pembuatan kompos ini menjadi penting, karena kita mempunyai sumber bahan  baku yang melimpah. Selain itu, juga bisa memberikan manfaat nilai tambah untuk lingkungan yang lebih baik," paparnya.

Tidak hanya itu lanjut Murod, dengan adanya pengolahan pupuk kompos ini diharapkan menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat sekitar Tahura. Terutama untuk memanfaatkan limbah organik dan dimungkinkan menjadi sumber pupuk bagi masyarakat.

"Tahap awal ini sampah organik berupa serasah yang dikelola oleh Koperasi Tahura Sejahtera. Kedepannya akan direncanakan untuk bekerjasama dengan masyarakat setempat dalam pengelolaannya," harap Murod.

Murod juga menyampaikan, jika pengelolaan Serasah menjadi pupuk kompos ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kebijakan Gubernur Riau H Syamsuar. Terutama dalam mewujudkan gerakan 'Riau Hijau'. (MC Riau) 

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Terima Bonus Belasan Milyar, Inilah Tekad Leani Ratri Oktila

Senin, 20 September 2021 | 08:38:15 WIB

Gubernur Riau : Kesuksesan Leani Ratri Bawa Semangat Baru

Ahad, 19 September 2021 | 18:38:14 WIB

Humas Polda Riau dan WPMR Bagikan 250 Paket Sembako

Ahad, 19 September 2021 | 09:46:38 WIB