Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Pj Sekdaprov Riau: Penyediaan Infrastruktur Berkualitas Harus Didukung Tenaga Kerja Terampil

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul kasmy menyebutkan bahwa penyediaan infrastruktur yang berkualitas harus didukung oleh tenaga kerja terampil dan kompeten.

Hal itu dikatakannya saat memberi sambutan pada acara pembukaan pelantihan dan uji sertifikasi ahli muda K3 konstruksi di Mahligai Ballroom Hotel Aryaduta, Senin (5/4/21).

Kesiapan tenaga ahli konstruksi, lanjutnya, menjadi hal mutlak yang harus dimiliki baik itu dari segi kualitas atau kompetensi maupun dari segi kuantitasnya. Oleh karena itu pentingnya penyediaan infrastruktur yang berkualitas harus didukung dengan tenaga kerja konstruksi yang tertampil dan juga kompeten sebagai pelaku utama pembangunan.

"Maka keharusan memiliki sertifikat keahlian dan keterampilan yang akan mencerminkan adanya tuntutan kualitas tenaga kerja yang kompeten," ucapnya.

Selanjutnya hal tersebut memerlukan langkah nyata dalam mempersiapkan perangkat (Standar baku) yang diperlukan sebagai alat ukur kualitas kerja jasa konstruksi agar dapat memperluas dan percepatan sertifikasi kompetensi tenaga ahli maupun tenaga terampil. Sebagaimana diketahui bahwa jumlah tenaga kerja konstruksi bersertifikat khususnya di Provinsi Riau masih sedikit.

Bagi tenaga kerja di bidang kontruksi, menurutnya perlu dilakukan usaha-usaha yang benar agar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) konstruksi dapat diterapkan agar tidak menggangu efektifitas dalam bekerja.

Pihaknya juga berharap dari kegiatan ini menjadi momentum yang sangat bermakna dan semoga setiap langkah strategi serta kebijakan pembangunan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebenar-benarnya guna kesejahteraan masyarakat.

"Kami ucapkan selamat mengikuti pelatihan dan uji sertifikasi K3. Semoga berjalan lancar dan semuanya lulus uji kompetensi. Hendaknya menjadi Tenaga Kerja yang kompeten dan profesional dalam bidangnya," tutupnya. 

(Mediacenter Riau/jd)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB