Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Wagubri Arahkan TPID Harus Konsisten Pada Program Pengendali Inflasi

PEKANBARU --- Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengakui bahwa ketergantungan Riau terhadap provinsi tetangga dalam upaya pemenuhan kebutuhan bahan pokok (Bapok), masih sangat tinggi.

Oleh sebab itu, perlu strategi yang dianggap perlu untuk menjaga stabilitas kebutuhan Bapok yang dituangkan dalam program strategis di Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di daerah masing-masing

Hal ini diungkapkannya saat membuka high level meeting TPID se-Riau dan TP2DD di Pekanbaru, Rabu, (7/4/2021).

"Untuk menjaga stabilitas itu, dilakukan perjanjian kerjasama antar provinsi yang sudah disepakati," ungkap Edy Natar.

Dia menjelaskan, perjanjian kerjasama yang telah disepakati mencakup menjaga kebutuhan pokok, minyak goreng, beras, cabai, bawang, telur, daging dan daging ayam ras.

Komoditi tersebut merupakan komoditas penentu mengingat tingkat konsumsi masyarakat Riau terhadap komoditi itu sangat tinggi. Oleh sebab itu Stok bahan pangan diharapkan selalu terjadi pada level aman.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau Decymus menerangkan, ada lima jenis komoditi pengendali yang harus selalu dipantau stabilitas ketersediaan dan harga. 

Menurutnya, komoditi pengendali itu perlu mendapat pengawalan ketat untuk menjaga ketersediaan agar stabilitas harga terkendali. 

Salah satu langkah yang sudah dilakukan oleh TPID yakni memperpendek rantai pasokan. Jika sebelumnya terdeteksi setidaknya ada delapan rantai pasokan, kini berhasil dipangkas separuhnya.

"Dengan memperpendek rantai pasokan maka harga akan terkendali dan petani tentunya akan mendapat keuntungan yang lebih banyak," sebutnya.

"Jadi di Riau, kita harus hafal polanya. Kapan cabai itu panen, kapan bawang panen. Kemudian biasanya akan cenderung baik pada bulan atau momentum tertentu. Pola ini selalu berulang. Oleh sebab itu, pola-pola seperti ini harus cermati dan dipelajari agar ketemu strategi pengendaliannya," sebut Decymus. 

(Mediacenter Riau/mlb)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

3 Kantor Samsat Baru Resmi Beroperasi, 7 Menyusul

Selasa, 13 April 2021 | 13:12:12 WIB

Pemkot Pekanbaru Akan Laksanakan PPKM di Tingkat RW

Senin, 12 April 2021 | 21:42:08 WIB

Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021

Senin, 12 April 2021 | 10:34:00 WIB

Kearifan Lokal Diharapkan Jadi Sarana Edukasi 

Ahad, 11 April 2021 | 18:28:21 WIB